0%
logo header
Selasa, 28 November 2023 15:07

APBD Gowa 2024 Rp2 Triliun Resmi Disahkan

Chaerani
Editor : Chaerani
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama Wakilnya Abd. Rauf Malaganni saat menghadiri Rapat Paripurna Penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang APBD Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2024, di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Gowa, kemarin. (Dok. Humas Gowa)
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama Wakilnya Abd. Rauf Malaganni saat menghadiri Rapat Paripurna Penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang APBD Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2024, di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Gowa, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kabupaten Gowa 2024 resmi disahkan dan ditetapkan.

Penetapan ini berlangsung pada Rapat Paripurna Penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang APBD Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2024. Adapun pendapatan daerah yang disepakati pada Rancangan APBD 2024 sebesar Rp2.042.891.488.805, sedangkan total belanja daerah Rp2.042.891.488.805.

Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni mewakili Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan pun mengapresiasi kinerja Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Gowa dan semua pihak yang berperan dalam penyusunan dan Pembahasan APBD Tahun Anggaran 2024.

Baca Juga : Delapan Tahun Kepemimpinan Adnan-Kio: Momen Tuntaskan Janji

“Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi aktif dalam penyusunan APBD ini. Semoga APBD Tahun Anggaran 2024 ini dapat menjadi instrumen yang efektif dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan daerah,” katanya di sela-sela kegiatan, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Gowa, kemarin.

Menurutnya, penetapan APBD 2024 merupakan hasil dari upaya kolaboratif antara pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Gowa. Tentunya melalui proses yang transparan dan partisipatif.

“Kami telah merumuskan rencana anggaran yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengoptimalkan pelayanan publik, serta memperkuat infrastruktur yang menjadi tulang punggung kemajuan daerah kita,” ujarnya.

Baca Juga : OJK Komitmen Perkuat Industri BPR

Lanjutnya, melalui APBD 2024 ini, pemerintah berusaha untuk lebih efisien dan efektif dalam menjalankan program-program pembangunan serta menyediakan pelayanan publik yang lebih baik.

Selain itu, pemerintah juga mengupayakan agar hal tersebut dapat mendukung sektor-sektor kunci yang memiliki dampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat. Seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan ekonomi.

“Kami sebagai pemerintah daerah, memiliki kewajiban untuk menggunakan anggaran ini dengan sebaik-baiknya, transparan, dan akuntabel. Kami percaya bahwa dengan semangat gotong royong dan kesungguhan dalam bekerja sama, kita dapat menghadapi tantangan yang ada serta mengoptimalkan peluang yang muncul,” tambahnya.

Baca Juga : Bupati Gowa: Pengembangan Kawasan Mamminasata Pacu Ekonomi Daerah

Sementara, Juru Bicara Banggar DPRD Kabupaten Gowa Andi Lukman Naba mengatakan, banggar mempunyai tugas memberikan saran dan pendapat terkait kebijakan umum terhadap pokok-pokok pikiran DPRD yang telah disusun dan disahkan kepada DPRD Kabupaten Gowa.

“Penyerahan dan pengesahan Ranperda APBD Kabupaten Gowa Tahun 2024 telah melalui berbagai tahapan oleh DPRD Kabupaten Gowa,” katanya.

Secara umum rancangan APBD Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2024 merupakan lampiran yang yang tidak bisa dipisahkan dari nota kesepakatan dan telah memenuhi ketentuan sebagaimana mestinya.

Baca Juga : Sikapi Kasus Bullying, Komisi D DPRD Makassar Gelar RDP dengan Lembaga Perlindungan Anak Sulsel

“APBD ini disusun tepat sesuai dengan tahapan dan jadwal yang telah ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tuturnya.

Penetapan APBD Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2024 diharapkan berjalan baik, serta sesuai dengan aturan dan tata tertib DPRD Kabupaten Gowa.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646