0%
logo header
Selasa, 23 Januari 2024 01:08

Apolo Safanpo Dianugerahi Gelar ‘Warga Kehormatan’ Masyarakat Jawa, Sunda dan Madura

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Pj. Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo dikenakan Blankon (topi khas Jawa). (Foto: Humas Pemprov PPS)
Pj. Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo dikenakan Blankon (topi khas Jawa). (Foto: Humas Pemprov PPS)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE — Penjabat (Pj) Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo dianugerahi gelar dan dikukuhkan sebagai ‘Warga Kehormatan’ pada peguyuban dari Himpunan Keluarga Jawa Sunda Madura (HKJSM) di Provinsi Papua Selatan.

Pengukuhan dilaksanakan oleh DPP Himpunan Keluarga Jawa Sunda Madura (HKJSM) Provinsi Papua Selatan di Kampung Wasur II Merauke, Minggu (21/1/2024).

Dalam momen itu, Apolo Safanpo juga memberikan penghormatan khusus atas andil dan peran masyarakat Jawa, Sunda, dan Madura dalam pembangunan Papua Selatan dengan mengenakan pakaian adat dari ketiga etnis tersebut.

Baca Juga : Nicolaus Kondomo Maju di Pilgub Papua Selatan 2024, Dukungan Masyarakat Terus Mengalir

Penganugerahan gelar ‘Warga Kehormatan’ ditandai dengan pemakaian blankon dan keris yang merupakan atribut khas budaya yang disaksikan oleh seluruh warga peguyuban HKJSM di Papua Selatan.

“Dengan hormat saya menyematkan tanda kehormatan berupa blankon,  sekaligus saya memberikan satu pusaka berupa keris sebagai wujud kekuatan untuk beliau. Ini akan menjadi kekuatan dalam pengabdiannya di Provinsi Papua Selatan,” ucap Suryadi, Tokoh HKJSM pada prosesi pengukuhan.

Menurut Suryadi, Apolo Safanpo, Penjabat (Pj) Gubernur Papua Selatan diakui memiliki kontribusi dan peran yang sangat besar terhadap Daerah Otonomi Baru ini dengan menjunjung azas kebhinekaan.

Baca Juga : SDN 1 Merauke Dipalang, 524 Siswa Tak Bisa Sekolah

“Pemberian gelar ‘Warga Kehormatan’ diharapkan dapat memperkuat kerjasama yang baik antara HKJSM dan Pemerintah Provinsi Papua Selatan. Kami masyarakat Jawa, Sunda dan Madura akan selalu ikut mendorong percepatan pembangunan di wilayah ini dengan keterlibatan dan peran serta kami,” tandasnya. Hendrik Resi

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646