0%
logo header
Selasa, 12 Maret 2019 16:09

Bandara Sultan Hasanuddin Akan Dijatuhi BOM, 700 Personil Keamanan Dikerahkan

General Manager Bandara Sultan Hasanuddin, Wahyudi, diwawancarai awak media saat konferensi pers, Selasa (12/03/2019).
General Manager Bandara Sultan Hasanuddin, Wahyudi, diwawancarai awak media saat konferensi pers, Selasa (12/03/2019).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Bandara Internasional Sultan Hasanuddin akan melakukan kegiatan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) yang ke-102 pada hari Rabu besok.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wahyudi, selaku General Manager Bandara Sultan Hasanuddin saat melakukan konferensi pers disalah satu hotel yang ada di Jl. Perintis Kemerdekaan KM. 16 Makassar, Selasa (12/03/2019).

Wahyudi mengungkapkan, tujuan diselenggarakannya latihan PKD, untuk melatih dan menguji kemampuan para personil, dalam melakukan koordinasi dalam penanggulangan keadaan darurat yang sesuai Standar Operating Procedure (SOP).

Baca Juga : Gandeng Media, Bawaslu Sulsel Perkuat Kinerja Kehumasan Jelang Pilkada Serentak 2024

“Tujuan daripada PKD ini untuk memastikan kemampuan SDM kami, baik kemampuan pengelolaan peralatan, komunikasi, koordinasi kepada instansi internal maupun eksternal dalam melakukan penanggulangan keadaan darurat,” pungkas Wahyudi.

Latihan PKD terdiri dari 3 tahapan, meliputi aviation security exercise (latihan penanganan ancaman bandara), fire building exercise (latihan penanganan kebakaran gedung) dan terakhir aircraft accident exercise (latihan penanganan kecelakaan pesawat).

Wahyudi membeberkan, sebanyak 700 personil akan dikerahkan dalam latihan penanggulangan keadaan darurat ini yang akan dilaksanakan pada Rabu besok tepatnya pukul 21:00 WITA.

Baca Juga : Surya Paloh Imbau Kader NasDem Solid Menangkan Duet ASS-Fatma di Pilgub Sulsel 2024

“Kalau pihak yang bergabung dalam kegiatan ini, kalau dari sisi personil kurang lebih ada 700, terdiri dari Airport Emergency Committee/Security PT. Angkasa Pura 1, TNI AU Lanud Sultan Hasanuddin, Polri dan mitra-mitra kerja kami,” beber Wahyudi.

Lebih lengkapnya, personil internal maupun eksternal yang akan terlibat dalam PAD ini yaitu, Airport Emergency Committee/Security PT. Angkasa Pura 1, TNI AU Lanud Sultan Hasanuddin, Polri, Perum LPPNPI, Basarnas, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Kantor Imigrasi Makassar, Bea Cukai, maskapai Sriwijaya Air, serta beberapa rumah sakit di sekitar bandara.

Wahyudi juga mengimbau bagi pengguna jasa bandara agar tidak panik dan dipastikan operasional bandara berjalan normal seperti biasa.

Baca Juga : Lewat CSR Penanaman Mangrove di Berbagai Daerah, Yamaha Indonesia Upayakan Reduksi Emisi Karbon

“Operasional bandara akan akan berjalan normal seperti biasa, kami juga mengimbau kepada pengguna jasa bandara, yang akan melalui bandara Sultan Hasanuddin, Rabu besok pada jam 15.00 – 23.00 agar tidak panik dan ikut mensukseskan latihan PKD ini,” tutup Wahyudi.

(Syaiful)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646