0%
logo header
Jumat, 04 Maret 2022 16:05

Bukan Sembako, BPNT di Sinjai Dibayar Secara Tunai

Redaksi
Editor : Redaksi
Penerima Keluarga Manfaat melakukan Transaksi pencairan di Kantor Pos cabang Sinjai. (Ist)
Penerima Keluarga Manfaat melakukan Transaksi pencairan di Kantor Pos cabang Sinjai. (Ist)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SINJAI – Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun 2022 sementara ini disalurkan untuk Penerima Keluarga Manfaat (PKM) di Kabupaten Sinjai. Hanya saja, penyaluran Bantuan Non Tunai tersebut tidak lagi berupa sembako, akan tetapi dalam bentuk uang secara tunai atau cash.

Bahkan, pencairan untuk keluarga penerima manfaat di kabupaten Sinjai melibatkan PT. Pos Indonesia untuk penyaluran dana tahap pertama terhitung bulan Januari, Februari dan Maret.

“Untuk bantuan pangan non tunai tidak lagi berupa sembako akan tetapi diterima berupa uang tunai sebesar Rp600 ribu selama tiga bulan melalui kantor Pos. Dimana perbulannya sebesar Rp 200 ribu,” ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sinjai, Andi Muhammad Idnan saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (04/03/2022).

Baca Juga : Tiang Listrik Miring Bahayakan Rumah Warga di Sinjai

Menurutnya, alasan pencairan dalam bentuk uang secara tunai dilakukan untuk percepatan penyaluran agar dana tersebut bisa dipergunakan masyarakat. Dan ini berlaku di seluruh Indonesia.

Idnan pun merinci untuk jumlah penerima manfaat di Kabupaten Sinjai sebanyak 7.832 orang tersebar di delapan kecamatan terkecuali kecamatan Sinjai Selatan.

“Khusus untuk penerima manfaat di Kecamatan Selatan belum tersalurkan dikarenakan data belum ada,” bebernya.

Baca Juga : Rambu Larangan Parkir di Depan RSUD Sinjai Diacuhkan Pengendara

Sementara itu, Kepala PT. Pos Indonesia Cabang Sinjai, Syukur Surung mengungkapkan bantuan berupa uang tunai yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat tidak bisa diwakilkan.

“Selain tidak bisa diwakilkan, kami menggunakan sistem perekaman face recognition dan geotagging untuk memastikan data yang disetor sesuai data penerima manfaat yang akan diberikan,” ungkapnya.

Dari 7.832 penerima manfaat, kata syukur, PT. Pos cabang sinjai akan membayarkan uang tunai selama tiga bulan dengan total Rp 4.699.200.000,00-

Baca Juga : Tahapan Pemilu Telah Dimulai, KPU Sinjai hanya Pasang Lima Bendera Partai Politik

Bagi penerima manfaat yang belum mengambil bantuan dan memiliki surat panggilan atau dalam keadaan kurang sehat, pihak dari PT. Pos cabang sinjai akan melakukan door to door.

“Jika penerima manfaat yang tidak bisa ke kantor pos dengan alasan sakit, akan dikunjungi rumahnya,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, penyaluran BPNT di Sinjai sementara berjalan sejak tanggal 24 Februari hingga 5 Maret 2022.

Penulis : Asrianto
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646