0%
logo header
Sabtu, 02 Desember 2023 16:21

Buku Mattulada Dibedah 5 Desember 2023

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Mattulada "Buku Karya M. Dahlan Abubakar".
Mattulada "Buku Karya M. Dahlan Abubakar".

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Memeriahkan HUT ke-53 Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas dirangkaikan dengan ‘Talk Show’ dan Diskusi Buku MATTULADA, Dari Pejuang Hingga Ilmuwan’, 5 Desember 2023 di Aula Prof. Mattulada FIB Unhas Kampus Tamalanrea.

Buku yang diterbitkan Penerbit Buku Kompas 2023 setebal 164 halaman itu ditulis M. Dahlan Abubakar, yang juga dosen FIB Unhas. Dimoderatori Dr. Ilham, S.S., M.Hum, akan tampil tiga pembedah, yakni Prof. Dr. H.Muhammad Darwis, M.S., dengan catatan “Mattulada dalam tumbuh kembang Fakultas Sastra era 70-an ”, Drs.Alwy Rachman, Dip.Tefl dalam catatan “Mattulada dalam tumbuh kembang Fakultas Sastra 70-an”, dan Drs.M. Nawir dengan catatan “Jiwa Mattulada di kekinian”.

Diskusi Buku Mattulada ini merupakan bagian dari acara pemutaran “Short Film Perjalanan 63 Tahun Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin’. Di dalam acara ini Dekan FIB Prof.Dr.Akin Duli, M.A. akan menyampaikan Pidato 63 Tahun   FIB Unhas. Film ini dibuat oleh ‘Project Mahasiswa Sejarah Mata Kuliah Film dan Dokumentasi Sejarah”.

Baca Juga : Musdah Mulia Diskusikan Buku Kisah Perjalanan ke 51 Negara

Di dalam buku ini juga terdapat pengantar Rektor Unhas Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, M.Sc. Dan Dekan FIB Unhas Prof.Dr.Akin Duli, M.A. Buku ini terdiri atas empat bab, yakni :Asal dan Kelahiran, Pendidikan dan Perjuangan, Pengabdian, dan Gagasan dan Pemikiran.

Ada beberapa informasi di dalam buku ini yang selama ini masih menjadi misteri bagi publik di Sulawesi Selatan. Misalnya saja ketika Mattulada melaksanakan misi sebagai seorang anggota intelijen (penyelidik) terhadap kekuatan Belanda di Irian Barat (Papua sekarang). (*)

Penulis : M. Dahlan Abubakar
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646