0%
logo header
Rabu, 28 Februari 2024 16:18

Bupati Gowa: Pengembangan Kawasan Mamminasata Pacu Ekonomi Daerah

Chaerani
Editor : Chaerani
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan (kanan belakang) saat ikut mendampingi Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin melakukan pertemuan dengan Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara, kemarin. (Dok. Humas Gowa)
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan (kanan belakang) saat ikut mendampingi Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin melakukan pertemuan dengan Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengaku memberikan dukungan penuh terkait dengan pengembangan Kawasan Strategi Nasional Mamminasata (Makassar-Maros-Sungguminasa-Takalar) yang sudah direncanakan sejak 2011 lalu.

Hal tersebut diungkapkan usai mendampingi Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin saat melakukan pertemuan dengan Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara.

Menurutnya, melalui pengembangan KSN Mamminasata tersebut tentunya memberikan dampak positif bagi Kabupaten Gowa dari segi perekonomian.

Baca Juga : Jelang Pilwali Makassar, Ustadz Das’ad Latif Masuk Radar NasDem

“Kita memiliki kepentingan terkait keberlanjutan pembangunan Mamminasata. Karena dengan hadirnya kawasan ini akan menambah perputaran ekonomi masyarakat Kabupaten Gowa dan Sulawesi Selatan secara keseluruhan,” ungkapnya dalam keterangannya, kemarin.

Sementara, Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin mengatakan, Presiden Jokowi meminta Pemerintah Provinsi, Forkopimda dan pemerintah kabupaten dan kota yang masuk dalam Kawasan Mamminasata untuk membangun tatanan kota yang lebih nyaman, dan sehat. Termasuk membangun ekosistemnya, sistem sosialnya, hingga termasuk bisnisnya.

Apalagi, Makassar adalah pintu gerbang Kawasan Indonesia Timur yang menjadi pusat perdagangan, bahkan dinilai dapat menopang Ibu Kota Nusantara (IKN) kedepannya. Dimana bahan-bahan pangan ke IKN bisa diperoleh atau dihasilkan dari Makassar.

Baca Juga : Sukseskan Utsawa Dharma Gita IX Tingkat Sulsel, Muhammad Fauzi Sumbang Hadiah Rp30 Juta

“Karena yang paling dekat potensi pertanian, paling besar peternakan, yang terdekat dari IKN itu justru Makassar. Jadi ketika IKN beroperasi, yang paling menikmati adalah Makassar dan sekitarnya,” ujarnya.

Bahtiar menyebutkan, jika sebelumnya KSN Mamminasata hanya berada di empat kabupaten dan kota yaitu, Makassar, Maros, Gowa dan Takalar, kini diperluas ke daerah Pangkep.

“Hari ini kami tambahkan Pangkep jadi ada lima. Ini terkoneksi dari sisi daratan dan ada juga koneksi dari sisi laut, karena ada juga Geopark Maros-Pangkep,” ujarnya.

Baca Juga : Dekan FTI UMI: Tak Ada Perpisahan Lebih Mengharukan selain Pisah dari Bulan Ramadan

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada Bapak Presiden RI Joko Widodo yang telah memberikan perhatian kepada pembangunan di Sulawesi Selatan.

“Kami berterima kasih kepada bapak presiden yang memberikan perhatian yang begitu tinggi terhadap pembangunan di Provinsi Sulawesi Selatan,” katanya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646