0%
logo header
Kamis, 08 Desember 2022 12:37

Bupati Wakatobi Salurkan Beasiswa Merdeka Belajar di Pulau Kaledupa

Asril Astian
Editor : Asril Astian
Bupati Wakatobi, Haliana, saat menyerahkan Beasiswa untuk Murid SD, SMP, Mahasiswa S-1 dan S-2 di Kecamatan Kaledupa dan Kaledupa Selatan. (Istimewa)
Bupati Wakatobi, Haliana, saat menyerahkan Beasiswa untuk Murid SD, SMP, Mahasiswa S-1 dan S-2 di Kecamatan Kaledupa dan Kaledupa Selatan. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, WAKATOBI — Salah satu kegiatan Bupati Wakatobi, Sulawesi tenggara, Haliana, dalam kunjungan kerja (Kunker) nya di Pulau Kaledupa, Rabu (07/12/2022) kemarin, adalah menyerahkan secara simbolis program beasiswa merdeka belajar di dua Kecamatan di sana.

Bupati Wakatobi, Haliana, dalam kesempatan itu menyebutkan bahwa untuk penerima program beasiswa di Pulau Kaledupa tercatat sekira 908 orang.

Jumlah tersebut tersebar pada dua Kecamatan disana, yakni sebanyak 450 siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Kaledupa Selatan, dan sebanyak 439 peserta untuk Kecamatan Kaledupa.

Baca Juga : Srikandi Tangguh PLN Lalui Segala Tantangan Wujudkan Listrik Berkeadilan di Sulselrabar

Sementara beasiswa untuk mahasiswa di Kecamatan Kaledupa Selatan yang kebagian bantuan biaya pendidikan merdeka belajar sebanyak 53 orang. Dan di Kecamatan Kaledupa sebanyak 66 orang termasuk beasiswa bagi mahasiswa Strata Satu (S1) umum, S1 bidik misi, dan beasiswa jenjang Strata dua (S2).

“Jumlah beasiswa yang akan diterima pada tingkat SD sebesar Rp450 ribu/orang, SMP Rp750 ribu/orang, beasiswa S1 Rp3 juta/orang, bidik misi Rp6 juta, S1 dokter Rp20 juta/orang dan S2 Rp7,5 juta/orang,” ujarnya di Kecamatan Kaledupa.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wakatobi La Aliwangi menjelaskan, beasiswa SD se-Kabupaten Wakatobi sebanyak 2016 siswa yang akan menerima, tingkat SMP 1.579, sehingga total beasiswa se-Kabupaten Wakatobi sebanyak 3.595.

Baca Juga : Safari Ramadan di Pulau Tomia, Bupati Haliana Serahkan Bantuan Pembangunan Masjid Ratusan Juta

Pakaian Seragam sentuhan tenun ciri khas daerah untuk SD se-Wakatobi sebanyak 1.562 siswa dan SMP sebanyak 4.815 siswa. Sehingga total yang mendapatkan pakaian tenun tersebut sebanyak 6.377.

“Khusus untuk penerima beasiswa pada SD di Kecamatan Kaledupa dari daerah, kata dia, berjumlah 247 orang, SMP 192 dengan total 439,” katanya.

La Aliwangi melanjutkan, untuk tingkat mahasiswa terdiri dari tiga kategori yakni beasiswa bidik misi sebanyak 11 orang penerima, S1 umum 51 orang, S1 Kedokteran 2 orang dan S2 Kedokteran (Spesialis) juga 2 orang, dengan total yang akan menerima sebanyak 66 orang dari program merdeka belajar.

Baca Juga : Gandeng Baznas, Bupati Haliana Serahkan Bantu Beras Kepada Lansia di Pulau Tomia

“Penyalurannya setelah penyerahan secara simbolis ini. Siswa ini kan dibukakan rekening, guru menyerahkan data siswa yang kemudian disetor ke Bank. Jadi Bank membukakan rekening dan rekening itu kemudian dikembalikan ke sekolah. Sehingga siswa mengetahui dan memegang buku rekening, pada saat ke Bank tinggal menunjukkan buku rekening,” jelasnya.

La Aliwangi bilang, kalau mahasiswa, pada saat mereka mendaftar dan memasukan berkas itu sudah disertakan dengan nomor rekening. Sehingga secara otomatis akan masuk ke nomor rekening yang dikumpul bersama berkas pada saat verifikasi.

“Harapan kita dengan sentuhan itu, mereka tidak membeli lagi seragam karena sudah ada bantuan dari daerah. Juga untuk pemberdayaan kepada para penenun di daerah. Sehingga kain sentuhannya itu harus kain ciri khas Wakatobi dan tidak bisa membeli dari luar daerah. Selain itu, juga menanamkan kecintaan pada budaya dan ciri khas serta identitas daerah kita,” pungkasnya.

Penulis : Gayus Irawadi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646