Dekan Fakultas Pascasarjana Unifa Apresiasi Enam Mahasiswa Gelar Seminar “Bisnis Komunikasi Dalam Politik”

  • Bagikan

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Enam mahasiswa pascasarjana ilmu komunikasi Universitas Fajar (Unifa) menjadi pemateri seminar bertema “Bisnis Komunikasi Dalam Politik” di Coffee Cafe Resto (CCR), Jl. Toddopuli, Makassar, Rabu (20/01/2021).

Ketua Prodi Magister Ilmu Komunikasi Unifa, Dr. Muhammad Asdar mengatakan, mahasiswa pascasarjana di Unifa diwajibkan menggelar seminar publik jelang semester akhir.

Kewajiban menggelar seminar bagi calon magister di Unifa telah dilakukan sejak tahun ajaran 2016-2017. 

“Seminar ini menjadi salah satu kewajiban mahasiswa pascasarjana sebelum meraih gelar magister,”  tutur DR. Asdar.

Ia mengungkapkan, seminar kali ini merupakan pilot project atau proyek percontohan bagi mahasiswa Unifa angkatan 2019 dan 2020.

“Kelompok yang naik hari ini adalah pilot project bagi mahasiswa Unifa lainnya dalam menggelar seminar selanjutnya. Apalagi khusus kelompok ini kita tantang nanti setelah seminar bisa membuat buku terkait materi yang mereka paparkan,” ujarnya.

Dekan Fakultas Pascasarjana Unifa, Dr. Ismail Marzuki mengapresiasi materi yang dipaparkan.

“Bagus ini materi yang dipaparkan dan memang seorang magister komunikasi harus memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi di hadapan publik,” ujarnya.

Menurutnya, kewajiban mahasiswa pascasarjana dalam menggelar seminar harus terus dilanjutkan.

“Seminar ini adalah sebuah inovasi, dimana saat pandemi ini dianjurkan untuk melaksanakan kampus merdeka dan merdeka belajar. Model seperti ini sangat bagus dan perlu dilanjutkan,” ujarnya.

Dr. Ismial bahkan menginisiasi terbentuknya suatu lembaga yang beranggotakan mahasiswa maupun alumni pascasarjana dalam bidang survei dan penelitian.

Para mahasiswa yang menjadi pemateri antara lain, Nurul Hikmah, Komar Adriant, Agung Tanrasula, Dini Anggraeni, Rivaldi Niadi Putra, dan Andi Panengori.

Nurul Hikmah memaparkan pengalamannya dalam proses pemenangan sehingga ia dapat duduk sebagai anggota DPRD Kabupaten Enrekang. Bagi legislator Partai Nasdem ini, komunikasi politik sangat penting dalam membangun kepercayaan publik.

Mantan Direktur PT LSI Deny JA, Komar Adriant memaparkan materi terkait survei dan konsultan politik.

Selanjutnya Agung Tanrasula mengulas peran tim media dalam politik dan bagaimana memaksimalkan peluang wawasan dalam komunikasi sebagai sumber mata pencaharian.

Rivaldi memaparkan strategi personal branding dalam penggunaan sosial media. Andi Panegori terkait marketing dan Dini Angraeni membahas kerjasama radio. (*)

  • Bagikan