0%
logo header
Senin, 06 Mei 2024 10:22

Desa Sanggulan Siap Hadapi Tantangan IKN dengan SDM Berkualitas

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Kepala Desa Sanggulan, Fakhruddin AR. (Istimewa)
Kepala Desa Sanggulan, Fakhruddin AR. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA – Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur mendorong Desa Sanggulan, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Hal ini menjadi prioritas utama desa di tahun 2024.

Menurut Kepala Desa Sanggulan, Fakhruddin AR, peningkatan SDM ini dilakukan agar desa bisa bersaing dengan wilayah lain yang maju, terutama dengan keberadaan IKN di dekat mereka.

“Kita harus meningkatkan kualitas SDM, baik dalam hal ekonomi maupun kewirausahaan,” ujar Fakhruddin pada Senin (06/05/2024).

Baca Juga : Upacara Harkitnas ke-116 di Kukar, Bupati Edi Gelorakan Semangat Kebangsaan

Lebih lanjut, Fakhruddin menjelaskan bahwa peningkatan SDM juga bertujuan untuk membangun generasi muda yang berakhlak mulia dan memiliki kemampuan ekonomi yang mumpuni. Desa Sanggulan akan fokus pada program-program yang dapat meningkatkan SDM dan moralitas masyarakat, terutama pemuda.

Salah satu strategi yang diterapkan adalah dengan mengutamakan orang-orang yang secara keagamaan aktif dan dapat menjadi contoh bagi masyarakat.

“Kita ingin menjauhkan mereka dari hal-hal negatif seperti narkoba dan pergaulan bebas,” jelasnya.

Baca Juga : Ribuan Warga Kukar Larut dalam Shalawat, Festival Islami Sukses Digelar

Berbagai program kerja seperti pelatihan, kegiatan ekonomi, kegiatan olahraga, dan pendidikan keagamaan akan diadakan untuk mewujudkannya.

“Kami yakin dengan program-program ini, Desa Sanggulan dapat menjadi desa yang maju dan sejahtera,” pungkasnya.

Peningkatan SDM di Desa Sanggulan ini merupakan langkah yang tepat dalam menghadapi era IKN. Dengan SDM yang unggul, desa ini diharapkan dapat menjadi bagian dari kemajuan yang dibawa oleh IKN ke Kalimantan Timur. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646