0%
logo header
Rabu, 22 Mei 2024 19:43

Disparbud Gowa Terima Penghargaan Perencanaan Perangkat Daerah Terbaik

Chaerani
Editor : Chaerani
Kepala Disparbud Gowa Tenriwati Tahri saat menerima penghargaan Perencanaan Perangkat Daerah Terbaik dari Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan (kanan) didampingi Wakilnya Abd Rauf Malaganni di sela-sela Musrenbang Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Gowa Tahun 2025-2045, di Gedung Serbaguna Lapangan Golf Padivalley, Kecamatan Pattallassang, kemarin. (Dok. Humas Gowa)
Kepala Disparbud Gowa Tenriwati Tahri saat menerima penghargaan Perencanaan Perangkat Daerah Terbaik dari Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan (kanan) didampingi Wakilnya Abd Rauf Malaganni di sela-sela Musrenbang Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Gowa Tahun 2025-2045, di Gedung Serbaguna Lapangan Golf Padivalley, Kecamatan Pattallassang, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa menjadi salah satu instansi yang berhasil menerima penghargaan sebagai Perencanaan Perangkat Daerah Terbaik lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa.

Penghargaan ini diberikan langsung Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan kepada Kepala Disparbud Gowa Tenriwati Tahri di sela-sela pelaksanaan Musrenbang Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Gowa Tahun 2025-2045, di Gedung Serbaguna Lapangan Golf Padivalley, Kecamatan Pattallassang, Selasa, 21 Mei 2024 kemarin.

Kepala Disparbud Gowa Tenriwati Tahri mengatakan, penghargaan yang berhasil diraih ini karena adanya kolaborasi dari seluruh unsur perencana yang ada di jajaran Disparbud Gowa. Mulai dari pimpinan (kepala dinas), kepala bidang, kepala fungsional, dan lainnya dalam penyusunan perencanaan kegiatan. Artinya, perencanaan yang kami usung memang betul-betul memikirkan kegiatan-kegiatan apa yang berkaitan dengan dinas terkait.

Baca Juga : Aspirasi Masyarakat Jadi Prioritas Karaeng Kio Saat Pimpin Gowa

“Kemudian menyusun secara sistematis, bahkan harus sistematis karena pemeriksaan itu bukan hanya pada hasil atau muaranya dari kegiatan itu, tapi harus dari awal, yakni perencanaannya bagaimana, sudah sesuaikah dengan pakem yang ada, sesuai dengan aturan yang ada, hingga pada pelaksanaannya,” ujarnya, saat dikonfirmasi, Rabu, (22/05/2024).

Adanya perencanaan yang baik ini maka tentunya apa yang dirancang atau diusung tidak akan keluar dari inisiatif atau kegiatan yang ingin dilakukan, makanya harus sinergis dari awal hingga akhir.

“Kami mendapatkan apresiasi karena kami mempersiapkan dan merencanakan dengan baik. Itulah mengapa perencanan yang baik dan terukur penting agar pencapaian hasil sesuai dengan perencanaan awal dan tepat sasaran, dan bisa membawa out put maksimal sesuai target,” terang mantan Kabag Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa ini.

Baca Juga : Modena HC Rolling Hill’s Makassar, Tawarkan Outlet Serasa Rumah Sendiri

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gowa Sujjadan mengatakan, musrenbang ini dilaksanakan sebagai tahapan dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah. Dimana, dengan memperhatikan masukan dari pihak-pihak terkait. Baik langsung maupun tidak langsung secara partisipatif dalam rangka penyempurnaan dokumen perencanaan pembangunan daerah.

“Tujuannya adalah menampung berbagai masukan dan usulan dari stakeholders dalam rangka penajaman penyelarasan dan penyempurnaan rancangan RPJPD Gowa tahun 2025,” katanya.

Tak hanya itu, dokumen RPJPD ini disusun secara imperatif berdasarkan penyelarasan dengan rencana pembangunan jangka panjang nasional dan RPJP Provinsi Sulawesi Selatan. Dimana, visi Kabupaten Gowa 2045 adalah Gowa Maju Unggul dan Berkelanjutan.

Baca Juga : Indosat dan Google Cloud Komitmen Wujudkan Pengalaman Digital Berbasis AI di Indonesia

Ia menjelaskan, Gowa maju ditandai dengan kondisi ekonomi yang tumbuh signifikan sehingga masyarakat menjadi lebih sejahtera, mandiri dan berdaya saing serta tangguh terhadap perkembangan ekonomi global. Sementara Gowa unggul ditandai dengan kondisi masyarakat memiliki tingkat kualitas hidup lebih cerdas, inovatif, kompetitif, inklusif tangguh terhadap perubahan sosial budaya dan didukung dengan pelayanan publik yang responsif dan kolaboratif berbasis teknologi informasi.

“Sementara berkelanjutan ditandai dengan tetap mempertahankan keberlanjutan sumber daya alam dengan kualitas lingkungan hidup yang aman dan layak,” jelas Sujjadan.

Selain Disparbud Gowa, beberapa instansi lainnya yakni Dinas Pendidikan, Badan Pendapatan Daerah, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Sementara penghargaan kategori lainnya yakni Pelaksana Musrenbang Kecamatan Terbaik berhasil diraih Kecamatan Barombong, Kecamatan Bungaya dan Kecamatan Somba Opu.

Baca Juga : Jelang Idul Adha, TPID Gowa Cek Stok dan Harga Bahan Pokok di Pasar Tradisional

Kemudian diberikan juga Penghargaan Kepada Mitra Pembangunan Daerah Kabupaten Gowa, masing-masing Baznas Kabupaten Gowa, USAID ERAT, USAID IWASH TANGGUH dan USAID Momentum.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646