0%
logo header
Minggu, 09 Juni 2024 19:43

Dorong Swasembada Pangan, Bupati Kukar Berikan Bantuan 50 Ekor Kambing di Desa Cipari Makmur

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, saat mengunjungi Gapoktan Subur Makmur, di Desa Cipari Makmur, Minggu (09/06/2024). (Istimewa)
Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, saat mengunjungi Gapoktan Subur Makmur, di Desa Cipari Makmur, Minggu (09/06/2024). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Dalam rangka mendukung program swasembada pangan, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menyerahkan bantuan 50 ekor kambing kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Subur Makmur di Desa Cipari Makmur, Minggu (09/06/2024).

Penyerahan bantuan ini dilakukan di kawasan pertanian terintegrasi Desa Cipari Makmur Kecamatan Muara Kaman dan diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan peternakan kambing.

“Saya harap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Gapoktan Subur Makmur untuk mengembangkan peternakan kambing dan meningkatkan pendapatan masyarakat,” ujar Edi Damansyah.

Baca Juga : Pemkab Kukar Perkuat SPIP Terintegrasi, Targetkan Maturitas Penilaian Maksimal

Edi juga menekankan pentingnya pengelolaan ternak yang baik untuk memastikan kesehatan dan kualitas kambing.

“Pemeliharaan kambing ini membutuhkan perhatian dan penanganan ekstra. Lakukan supervisi dan monitoring secara berkala agar program ini berjalan dengan sukses,” pesannya.

Pemilihan Desa Cipari Makmur sebagai lokasi program ini karena desa tersebut merupakan daerah percontohan pertanian terintegrasi, hasil kolaborasi Pemkab Kukar bersama Kodim 0906 KKR melalui program Karya Bhakti.

Baca Juga : Atasi Defisit dengan Efisiensi Anggaran, Pemkab Kukar Fokus Ketahanan Pangan di APBD 2025

“Jika program ini berhasil di Desa Cipari Makmur, kita akan replikasi di desa-desa lain yang telah ditetapkan,” tambahnya.

Bupati Kukar berharap bantuan ini dapat memotivasi masyarakat untuk lebih giat dalam mengembangkan sektor peternakan dan mewujudkan swasembada pangan di Kukar.

Kegiatan diakhiri dengan dialog interaktif antara Bupati Kukar Edi Damansyah dengan para petani dan peternak yang hadir untuk mendengarkan aspirasi dan masukan mereka terkait program pengembangan peternakan di Kukar. (ADV/Prokom Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646