0%
logo header
Minggu, 28 Juni 2020 18:14

Fisip-PPs UIT Gelar Webinar Nasional dan Teken MoU dengan Unpad

La Saddam
Editor : La Saddam
Fisip-PPs UIT Gelar Webinar Nasional dan Teken MoU dengan Unpad

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia Timur (Fisip-UIT) bekerjasama dengan Pascasarjana Universitas Indonesia Timur (PPs-UIT)  melaksanakan Webinar Nasional secara Virtual, Jum’at (26/06/2020) kemarin, dengan mengusung tema “Daya Tahan Bangsa di Masa Pendemi Covid-19”, yang menghadirkan narasumber Dr. Rd. Ahmad Buchari, S.IP, M.Si Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan Dr. Sukardi, SH, M.Hum, dari Bareskrim Polri, tema “Ketahanan dan Keamanan Nasional Darurat Covid-19”.

Hadir dalam acara ini Wakil Rektor IV UIT Zulkarnain Hamson, S.Sos, M.Si, Wakil Rektor III Muh. Khaerul Nur, S.Farm, M.Kes, Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Hj. Maemunah Dawi, MS, Asdir I Pascasarjana Dr. Patawari, S.HI, M.H, Dekan Sospol Dra. Nani Harlinda Nurdin, M.Si, dan pejabat Lingkup UIT lainnya.

Ketua Panitia Moh. Yunus, S.Sos, M.A.P melaporkan kegiatan Webinar Nasional diikuti sekitar 500 orang dari seluruh Indonesia dengan berbagai instansi hadir dari TNI, LBH, Pengacara, dan beberapa kampus lain yang hadir mulai tingkat lokal sampai Nasional seperti Unhas Makassar, UIN Alauddin Makassar, dan juga dihadiri peserta dari luar Sulawesi yakni UNAS Jakarta, Universitas Azzahra Jakarta, Unpad Bandung, Universitas Yapis Papua, dan beberapa kampus dari Kalimantan Yogyakata, Papua dan Sumatera.

Baca Juga : Pemkab Gowa Susun SOP Layanan Pencegahan Perkawinan Anak

Moh. Yunus menyampaikan terima kasih kepada peserta atas partisipanya mengikuti acara ini dan memohon maaf bilamana acara ini tidak sesuai dengan harapan para peserta.

Moderator acara Webinar Nasional ini dipandu A.M. Azhar Aljurida, S.Ip, Adm. KP. (Kandidat Doktor Doktor Sospol Unhas).

Kegiatan ini dimulai dari 14.00 Wita sampai 17.00 Wita, telah berjalan dengan sukses.

Baca Juga : IM3 Gandeng Iqbaal Ramadhan Kampanye Freedom Internet Lewat Video “Simpel tapi Spesial”

Dr. Rd. Ahmad Buchari, S.IP, M.Si mengatakan konsepsi ketahanan nasional tidak mengutamakan sikap konfrontatif dan antagonistis, tidak mengandalkan kekuasaan fisik semata tetapi lebih pada sikap konsultif dan kerjasama serta saling menghargai dengan mengandalkan peka kekuatan moral dan kepribadian bangsa. Kunci daya tahan bangsa yaitu Integritas, Kecerdasan dan semangat. Tanpa Integritas yang dua hal ini tidak akan gunanya, jadi integritas ini atau perbuatan memegang janji menjadi ukuran kita.
Kita juga mengenal di Islam FAST, Fathonah, Amanah, Shisddiq dan Tabliqh. Mudah-mudahan bencana ini cepat berlalu agar bangsa kita bisa memahami dan bisa melaluinya dengan kebutuhan dan ketahanan nasional.

“Kita mengawal pemerintahan yang baik dan bahkan garda terdepan membangun moralitas,” kata Ahmad Buchari.

Dr. Sukardi, SH, M.Hum mengatakan melawan Covid-19 sudut pandang hukum, Tindakan tegas dan konkrit dari Pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 mengingat di masa Pandemik nyawa manusia (Rakyat) menjadi terancam Untuk menjalankan amanat dari konstitusi pemerintah wajib melindungi segenap bangsa Indonesia dan tumpah Indonesia (Elenia ke-4 Pembukaan UUD NRI 1945) maka produk Hukum dari Pemerintah bukan himbauan tapi keputusan Pemerintah totalnya untuk mengarahkan segala kemampuan yang dimiliki untuk menyelamatkan hidup setiap orang termasuk kekuatan sektor ekonomi dan keuangan negara dalam memerangi Covid – 19 di Indonesia. Dr. Sukardi, SH, M.Hum mengajak peserta Webinar, mari bersatu lawan Covid -19 dengan di rumah aja, jaga jarak, jaga kesehatan jaga kebersihan, jaga lingkungan, jaga bangsa Indonesia, jaga negara kesatuan.

Baca Juga : Paket Data Baru Freedom Internet, Pengguna IM3 Bisa Atur Kebutuhan Kuota

Direktur Pascasarjana UIT,  Prof. Dr. Maemunah Dawi, MS. dalam sambutannya mengaharapkan bahwa kegiatan Webinar dimasa pandemik ini akan senantiasa digalakkan, kiranya keberlanjutan ilmu pengetahuan tidak terputus dikarenakan pemerintah menghimbau untuk bekerja di rumah,  kuliah, dan diskusi ilmiah dapat dilakukan dengan cara Daring dan memanfaatkan media yang ada.

Penyelanggara kegiatan berharap bahwa kegiatan ini akan berlanjut dengan melakukan rencana MoU di beberepa kampus seperti Unpad, Unas, Universitas Azzahran dan Yapis. Baik dalam penelitian maupun dalam pengabdian dan hal tersebut sudah dikomunikasikan dengan beberapa kampus dalam waktu dekat rencana akan direalisasikan, uangkap Dr. Patawari,S.HI.,M.H. (Asdir I Pascasarjana).

Dekan FISIP Dra. Nani Harlinda Nurdin, M.Si menyampaikan terima kasih kepada nara sumber bisa hadir dalam acara Webinar Nasional, kami berharap semoga kegiatan ini berkelanjutan pada acara  berikutnya.
Pada acara yang sama Universitas Indonesia Timur (UIT)  telah melakukan kerjasama Universitas Padjadjaran (UNPAD)  dipandu Wakil Rektor 4 Bidang kerjasama  UIT Zulkarnain Hamson, S.Sos, M.Si, dan UNPAD Prof. Dr. Reixa D.Dienaputra WR 3 dan Indrawati Yuda Asmara PhD Puris Pengembangan dan Pemberdayaan Desa. (Muh. Ahmad)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646