0%
logo header
Rabu, 11 Mei 2022 16:18

FKG Unhas, RSGMP dan Pemkab Pohuwato Jalin Kerjasama dalam Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi

Perjanjian Kerjasama Antara FKG Unhas, RAGMP Unhas, Dinkes Pohuwato, RSUD Bumi Panua Pohuwato dan UPTD RSUD Pratama Lemito Pohueato, Selasa (10/05/2022). (Istimewa)
Perjanjian Kerjasama Antara FKG Unhas, RAGMP Unhas, Dinkes Pohuwato, RSUD Bumi Panua Pohuwato dan UPTD RSUD Pratama Lemito Pohueato, Selasa (10/05/2022). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas), Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Unhas sepakat menjalin kerjasama dalam Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato, Provinsi Gorontalo, dalam hal ini Dinas Kesehatan, RSUD Bumi Panua dan UPTD RSUD Pratama Lemito Kabupaten Pohuwato.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Dekan FKG Unhas Prof. Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K)., Direktur RSGMP Unhas Andi tajrin, drg., M.Kes., Sp.BM(K)., Kepala Dinas Kesehatan Pohuwato Fidi Mustafa, SKM., M.Si., Direktur RSUD Bumi Panua Pohuwato dr. Yenny Ahmad dan Direktur UPTD RSUD Pratama Lemito dr. Fitriyanty Ismail.

Acara penandatanganan perjanjian kerjasama dimulai pukul 09.30 WITA dan berlangsung di ruang Molar FKG Unhas, Selasa (10/05/2022).

Baca Juga : Untuk Pertama Kali, FKG Unhas Yudisium Lulusan Prodi S2 Kedokteran Gigi

Penandatanganan perjanjian kerjasama ini disaksikan langsung oleh Bupati Pohuwato Syaiful. A Mbuinga). Turut hadir pula para Kepala SKPD Kabupaten Pohuwato beserta rombongan.

Sementara dari FKG Unhas yakni para Wakil Dekan, Ketua Gugus Penjaminan Mutu, Para Ketua Departemen, Para Ketua Program Studi, Para Direksi RSGMP Unhas, serta para civitas Akademika.

Mengawali kegiatan, Direktur RSGMP Unhas drg. A Tajrin menyatakan komitmennya dan siap berkolaborasi untuk mensuport program-program yang tertuang dalam perjanjian kerjasama ini dan berharap semoga semuanya berjalan sesuai harapan kita semua.

Baca Juga : Kementerian PUPR Serahkan 50 Unit Rumah Khusus MBR di Gorontalo ke Bupati Pohuwato

drg. Tajrin juga bercerita singkat terkait pengalamannya selama melaksanakan baksos operasi celah bibir dan langit-langti di Kabupaten Pohuwato.

“Selama melakukan kegiatan baksos, baru kali ini saya dapatkan kepala daerah yang mendampingi kegiatan operasi celah bibir dan langit-langit, dari awal hingga selesai, hanya Bapak Bupati Pohuwato”, kata drg. Tajrin yang disambut tepuk tangan oleh para tamu undangan.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FKG Unhas, Prof. Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K) mengucapkan selamat datang kepada Rombongan Pemkab Pohuwato.

Baca Juga : FKG Unhas Segera Buka Dua Program Studi Baru, Ini Daftarnya

Prof Ruslin menyampaikan bahwa Penandatanganan kerjasama ini merupakan komitmen untuk selalu siap membantu setiap daerah terkhusus Pohuwato untuk memajukan masyarakat dalam memberikan pelayanan kesehatan.

“Saat ini kita tidak bisa lagi hanya berdiam diri dalam Kampus, karena eksistensi Perguruan Tinggi tidak hanya mencetak tenaga kesehatan, tetapi juga harus terjun ke masyarakat untuk memberikan manfaat”, kata Prof Ruslin.

Perjanjian kerjasama ini juga merupakan langkah strategis dan menjadi solusi untuk menjawab kebutuhan dokter gigi di masyarakat.

Baca Juga : Prodi Terapi Gigi FKG Unhas Gelar FGD Sinkronisasi Capaian Pembelajaran Lulusan

“FKG dan RSGMP Unhas siap untuk membantu dan memberikan solusi kepada Pemda Kab. Pohuwato dalam pengembangan SDM serta percepatan tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan yang professional dan berkualitas kepada masyarakat”, tutup Prof. Ruslin 

Sementara itu, Bupati Pohuwato Syaiful A Mbuinga menyempaikan ucapan terimakasihnya kepada Universitas Hasanuddin atas perhatianya kepada kabupaten Pohuwato.

“Kunjungan kami ke sini merupakan kunjungan yang sangat penting karena berkaitan dengan persoalan kemanusiaan. Betapa tidak, banyak masyarakat Kabupaten Pohuwato merasa bersyukur dan terbantu karena telah berhasil dilaksanakan operasi celah bibir dan langit-langitnya”, lanjutnya.

Baca Juga : Prodi Terapi Gigi FKG Unhas Gelar FGD Sinkronisasi Capaian Pembelajaran Lulusan

“Kami merasa tertantang dengan perjanjian kerjasama ini dan akan menjadi perhatian dan komitmen kami untuk menindaklanjuti perjanjian kerjasama ini”, tegas Bupati Pohuwato.

Penulis : Majid Asinu (Humas FKG Unhas)
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646