Hati-hati, Ini 4 Bahaya Jika Sering Tidur di Dekat HP

0
Ilustrasi (foto : jalantikus)

REPUBLIKNEWS.CO.ID — Saat ini, smartphone sudah menjadi kebutuhan sehari-hari manusia. Bagaimana tidak, Smartphone saat ini menyediakan berbagai kebutuhan manusia. Salah satunya akses berkomunikasi melalui sosial media.

Sebagai sahabat yang bisa disebut paling dekat dengan manusia, smartphone telah banyak membantu komunikasi pemiliknya dengan orang lain. Namun, dari banyak dampak positif yang diberikan, smartphone juga ternyata memiliki bahaya yang banyak orang tidak ketahui.

Lantas, apa saja bahaya yang ditimbulkan jika tidur dekat dengan smartphone? Simak artikel yang kami kutip dari jalantikus.

1. Menyebabkan Keguguran Bagi Ibu Hamil

Buat ibu yang sedang hamil, sebaiknya jauhkan smartphone dari tubuh anda. Apalagi ketika sedang tidur, karena radiasi yang dipancarkan dapat menyebabkan terjadinya keguguran. Menurut hasil penelitian perkembangan janin yang berada di kandungan dapat terganggu karena radiasi yang dikeluarkan oleh smartphone.

2. Pembentukan Tumor Otak

Biasanya tumor otak muncul pada orang dewasa yang sedang masa produktif, namun tidak jarang penyakit tumor otak menyerang anak-anak. Radiasi smartphone mampu mempengaruhi terbentuknya neoplasma dari proses regenerasi sel yang tidak sempurna. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan smartphone di dekat kepala Anda, apalagi sampai menaruhnya di samping kita ketika sedang tidur, hanya untuk sekadar alarm.

3. Menyebabkan Kanker

Sama dengan masalah tumor otak, radiasi smartphone juga mempengaruhi proses pembelahan sel-sel di dalam tubuh menjadi rusak. Sel abnormal di dalam tubuh kemudian menyerang jaringan paling dekat yang bersentuhan langsung dengan ponsel. Anggota paling sering terkena pancaran radiasi yaitu kulit sering terkena sehingga menimbulkan kanker, karena ketika waktu tidur pemilik tidak sadar meletakkannya di bawah tubuh dan menyentuhnya.

4. Menyebabkan Kualitas Tidur Buruk

Keberadaan smartphone dapat membuat kualitas tidur menjadi buruk. Meskipun terlihat tertidur, sesungguhnya otak anda masih tersadar. Hal ini ditandai dengan anda masih mengingat beberapa hal yang terjadi ketika tertidur, mendengar sesuatu ketika tidur, ada cahaya ketika anda tidur, sesungguhnya hal seperti ini membuat kualitas tidur tidak bagus karena otak masih bekerja ketika kita tidur, ini mampu membuat kelelahan ketika bangun keesokan harinya karena otak yang terus bekerja tanpa henti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here