0%
logo header
Selasa, 20 Februari 2024 22:50

IKA Smapat Makassar Gagas Program Untuk Peningkatan Potensi Siswa dan Alumni

Chaerani
Editor : Chaerani
IKA Smapat Makassar melakukan sejumlah kegiatan dalam rangka menggali potensi para siswa dan alumni. (Dok. IKA Smapat Makassar)
IKA Smapat Makassar melakukan sejumlah kegiatan dalam rangka menggali potensi para siswa dan alumni. (Dok. IKA Smapat Makassar)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Ikatan Alumni SMA Negeri 4 (IKA Smapat) Makassar melakukan sejumlah kegiatan dalam rangka menggali potensi para siswa dan alumni.

Kegiatan tersebut di antaranya, Seminar dan Penyuluhan tentang Penggunaan Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiptif, Pelatihan Pembuatan Sabun Cair/Detergen Cair, dan Pemutaran Trailer Film “Don’t Ever Take My Home”. Kegiatan tersebut pun difokuskan di SMA Negeri 4 Makassar, di Jalan Cakalang Nomor 3.

Ketua IKA Smapat Makassar Normawati Ridwan mengatakan, sejumlah kegiatan yang dilaksanakan oleh IKA Smapat ini merupakan program-program kerjanya bersama seluruh jajaran pengurus. Tujuannya untuk menjalin silaturahmi antara para alumni, dan pihak SMA Negeri 4 Makassar, serta adik-adik siswa untuk menggali potensi dalam bidangnya masing-masing.

Baca Juga : Jelang Pilwali Makassar, Ustadz Das’ad Latif Masuk Radar NasDem

“Program-program kerja yang telah terlaksana merupakan wujud untuk mempersatukan dan memperkuat silaturahmi seluruh alumni lintas angkatan,” katanya, di Sekretariat IKA Smapat Makassar, Selasa (20/02/2024).

Selain itu, pihaknya juga dapat menggali potensi yang dimiliki dari para siswa dan para alumni, serta dapat menginspirasi sekolah-sekolah lain sebagai wujud korelasi antar ikatan alumni dengan sekolah dapat saling mendukung.

Ia juga menambahkan, sejumlah kegiatan inipun melibatkan para Alumni Smapat secara langsung sebagai narasumber di setiap kegiatannya. Seperti pada seminar penyuluhan narkoba yang diikuti sebanyak 50 orang siswa-siswi Smapat Makassar menghadirkan Pembina IKA Smapat Makassar, Ibrahim Saleh yang merupakan alumni 1975, Najamuddin alumni 1982, Jamal alumni 1987 yang dipandu oleh moderator Wahyu Munandar alumni 2003.

Baca Juga : Sukseskan Utsawa Dharma Gita IX Tingkat Sulsel, Muhammad Fauzi Sumbang Hadiah Rp30 Juta

“Seminar ini tentunya memberikan edukasi kepada adik-adik siswa Smapat agar terhindar dari narkoba karena dapat membawa kesengsaraan bukan hanya diri sendiri tapi keluarga dan kehidupan sosial akan mengucilkan,” jelasnya.

Sementara, untuk kegiatan Pelatihan Pembuatan Sabun Cair/Detergen Cair yang dilaksanakan di Sekretariat IKA SMAPAT sasarannya adalah para alumni yang tujuannya dapat memberi inspirasi tentang peningkatan produktifitas UMKM yang menghadirkan Norma Zainuddin, Owner N-Klin UKM Nurul Perintis sebagai narasumber.

Salah satu peserta yang merupakan Ketua IKA Smapat 2003, Yusmaniar menyambut positif kegiatan tersebut karena selain dapat menjalin silaturahmi dengan sesama alumni juga dapat menambah pengetahuan.

Baca Juga : Dekan FTI UMI: Tak Ada Perpisahan Lebih Mengharukan selain Pisah dari Bulan Ramadan

“Pelatihan pembuatan sabun cair ini sangat bermanfaat sekali khususnya bagi kami para ibu-ibu rumah tangga, karena bisa menjadi pengetahuan baru bahkan bisa menjadi peluang usaha san membentuk lapangan pekerjaan. Kami sangat berterima kasih kepada para pengurus IKA Smapat yang telah melaksanakan kegiatan ini san semoga dapat berkelanjutan,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini pula, Ketua IKA Smapat, Normawati Ridwan menyerahkan cinderamata kepada Kepala SMA Negeri 4 Makassar, Andi Supardin Gading dan menyaksikan bersama pemutaran trailer film “Don’t Ever Take My Home” karya salah satu alumni Smapat 2003, Harry Maverick.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646