0%
logo header
Selasa, 09 Agustus 2022 15:04

IKN, Peluang Investor Bidang Olahraga Untuk Berinvestasi

Fathir
Editor : Fathir
Andi Muchrin Ketua Umum Ikatan Guru Olahraga Raga Nasional/Igornas) Kota Balikpapan.(Istimewa)
Andi Muchrin Ketua Umum Ikatan Guru Olahraga Raga Nasional/Igornas) Kota Balikpapan.(Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BALIKPAPAN — Pemerintah tampaknya tak main-main dalam Pembangunan IKN di Kaltim. Selain pusat pemerintahan, rencana juga akan membangun pusat pelatihan sepak bola atau training center.

Rencana pembangunan TC sepak bola itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat menerima Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (3/8/2022) lalu. Bahkan, rencananya ingin mengajukan sebagai tuan rumah Olimpiade 2036 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur.

Menurut, Andi Muchrin Ketua Umum Ikatan Guru Olahraga Raga Nasional/Igornas) Kota Balikpapan, mengatakan, Dua rencana besar tersebut menjadi angin segar bagi Balikpapan. Setidaknya, sejak sekarang para pelaku olahraga di Balikpapan harus menyiapkan atletnya sejak dini. Utamanya di sekolah-sekolah. Dikatakan peran guru olahraga cukup penting dalam proses pembinaan. Baik sejak tingkat SD, SMP maupun SMA.

Baca Juga : Hadiri FoF Meetings, OJK Bahas Persoalan Aturan Akuntan Publik

“Semangat untuk pembinaan akan jauh lebih tinggi. Karena tidak menutup kemungkinan akan banyak kejuaraan berskala nasional dilaksanakan di IKN,”Ujar Andi Muchrin, Selasa 9 Agustus 2022.

Lanjut dikatakan, Andi Muchrin, peluang bagi Balikpapan untuk berpartisipasi di semua ajang nasional utamanya yang sifatnya open. Karena biaya keberangkatan cukup murah. Dengan banyaknya event berskala nasional, meningkatkan mental dan kualitas atlet.

Disisi lain, kata dia, kehadiran IKN, tidak menutup kemungkinan banyak investor yang bergerak dibidang olahraga tertarik berinvestasi di Kaltim termasuk di Balikpapan. Mengingat, olahraga merupakan sebuah industri olahraga yang menjanjikan.

Baca Juga : Pemkab Gowa Siapkan Konsep Penanggulangan Bencana Berbasis Teknologi

“Pasti akan banyak venue berstandar internasional, hal ini membuat atlet tidak kesulitan mencari tempat latihan atau pertandingan,”ungkapnya.

Andi Muchrin, menambahkan, Saat ini, Balikpapan juga kerap menjadi garda terdepan dalam penyumbang atlet di Kaltim. Bahkan di beberapa cabor, terdapat atlet yang membela timnas. Bukan tidak mungkin, saat IKN hadir, Balikpapan jadi garda terdepan penyumbang atlet terbesar buat negara.

“Kita berharap adanya IKN, memberikan manfaat besar bagi para pelaku olahraga. Pun dengan sektor lainnya seperti UMKM yang memperjual belikan produk-produk olahraga,”Pungkasnya.(*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646