0%
logo header
Senin, 15 Januari 2024 20:43

Indah Putri Indriani Serahkan Bantuan Alsintan Kepada 94 Kelompok Tani Di Lutra

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menyerahkan secara simbolis bantuan Alsintan kepada salah satu kelompok tani di Luwu Utara.
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menyerahkan secara simbolis bantuan Alsintan kepada salah satu kelompok tani di Luwu Utara.

REPUBLIKNEWS.CO.ID, LUWU UTARA — 94 Kelompok Tani di Luwu Utara menerima bantuan Alsintan. Bantuan Alsintan senilai Rp 5,7 Miliar ini diserahkan langsung oleh Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani.

Pengadaan Alsintan untuk 94 kelompok tani ini bersumber dari APBD TA 2023. 94 kelompok tani penerima bantuan ini tersebar di 15 Kecamatan se Kabupaten Luwu Utara.

Alsintan yang diserahkan diantaranya Traktor Roda, Cultivator, Hand Sprayer, Pompa Air, Chains Saw, Power Threaser, Power Sprayer, Combine Harvester, Rice Milling Unit (RMU), Mesin Pembabat Rumput, Mesin Pencacah Rumput dan Corn Sheller.

Baca Juga : Kejutan Golkar Di Dapil Luwu Utara I Amankan Tiga Kursi

” Alat dan mesin pertanian yang diserahkan kali ini diantaranya adalah Pengadaan dari APBD-P TA 2023 dan ini Alsintan terbanyak yang kita serahkan ke kelompok tani ” kata Indah Putri Indriani usai menyerahkan secara simbolis kepada kelompok tani di Aula Lagaligo Kantor Bupati Luwu Utara. Senin (15/01/2024)

Indah menambahkan, Alsintan tentu sangat membantu petani terutama dalam hal menghemat tenaga, biaya dan waktu.

” Bisa dibayangkan untuk melakukan pengolahan lahan sawah secara manual untuk satu hektarnya diperlukan bisa sampai 40 orang tenaga kerja. Pertanyannya apakah tenaga kerja yang dibutuhkan ada atau tersedia di wilayah tersebut. Baik tenaga kerja untuk pengolahan ataupun tenaga kerja untuk melakukan panen padi ” ungkap Indah.

Baca Juga : Wawancara Kandidat Paritrana Award, Indah Paparkan Upaya Pemda Lutra Beri Perlindungan Jaminan Sosial

” Alsintan ini juga bisa meningkatkan pendapatan petani kita, karena adanya Alsintan petani kita bisa menghemat tenaga, waktu dan tentunya biaya operasional nya ” sambung bupati perempuan pertama di Sulsel itu.

Indah berpesan agar Alsintan yang dihibahkan pemerintah daerah ini kepada petani untuk dijaga dan dirawat dengan baik, agar pemanfaatan nya bisa lebih lama.

” Ingat alsintan ini bukan milik ketua kelompok, tapi milik kelompok tani dan tidak untuk disewakan apalagi dibawah keluar daerah. Mohon dirawat baik baik apa yang sudah ada ini, Alsintan ini usia pakainya rata rata sampai lima tahun tapi kalau dirawat dengan baik usia pakainya bisa lebih lama, begitupun sebaliknya,” tutup istri Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Fauzi itu. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646