0%
logo header
Selasa, 24 Januari 2023 23:36

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Sidak Langsung Rutan Makale, Pastikan Pelayanan Kondusif

Chaerani
Editor : Chaerani
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak saat melakukan inspeksi mendadak di Rutan Kelas IIB Makale, Tana Toraja, Selasa (24/01). (Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak saat melakukan inspeksi mendadak di Rutan Kelas IIB Makale, Tana Toraja, Selasa (24/01). (Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, TANA TORAJA — Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan (Sulsel) Liberti Sitinjak hadir langsung melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Makale, di Jalan Ampera, Kecamatan Makale, Tana Toraja.

Sidak yang dilakukan Kakanwil Kemenkumham Sulsel didampingi Kepala Divisi Administrasi, Indah Rahayuningsih dan Pelaksana Tugas (Plt) Kabag PH Fajrin untuk melihat dan memastikan langsung kondisi pelayanan kondusif, aman dan terkendali.

Liberti Sitinjak menyampaikan apresiasnya atas kinerja yang baik dari seluruh jajaran Rutan Makale yang terus memberikan kondisi yang kondusif, aman, dan terkendali bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) nya.

Baca Juga : Gelar Seminar Nasional Arbitrase, Fakultas Hukum Unhas Siap Bermitra dengan BANI

“Karutan dan jajarannya harus bisa mengoptimalkan kinerja, baik dari sisi anggaran, pelaksanaan tugas dan fungsi, maupun pelayanan kepada WBP,” terangnya di sela-sela sidak, Selasa (24/01/2023).

Dalam sidak yang dilakukan, Liberti Sitinjak melihat langsung kondisi blok hunian dari warga binaan, kondisi kebersihan dan stok makanan di dapur umum rutan, serta sarana dan prasarana untuk pelayanan publik yang ada di wilayah Rutan Kelas IIB Makale ini.

“Dengan hunian saat ini, memang telah overcrowded, namun masih dalam kondisi yang baik, dapurnya juga steril dan bersih. Kebersihan lingkungan hunian juga sangat baik hanya perlu beberapa penataan dalam kamar blok agar tidak terlihat kumuh,” terang Kakanwil Kemenkumham Sulsel.

Baca Juga : 70 Warga Binaan Penyalahgunaan Narkotika Rutan Makassar Ikut Program Rehabilitasi Medis

Sementara, untuk kondisi sarana dan prasarana layanan publik yang ada di dalan Rutan dianggap sudah dalam kondisi baik, namun dinilai masih perlu penambahan fasilitas. Termasuk, meminta Kepala Rutan Kelas IIB Makale Luther untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan stakeholder internal maupun eksternal dalam hal pelaksanaan pelayanan publik dan pembinaan bagi warga binaan.

“Kerjasama dengan pihak eksternal akan memberikan dampak yang positif bagi warga binaan, khususnya dalam pembentukan mental spiritual dan pemberian skill dan pengetahuan yang berguna disaat mereka bebas,” harapnya.

Sementara Karutan Makale Luther mengatakan, saat ini jumlah penghuni atau warga binaan yang ada dalam Rutan Makale sebanyak 145 orang. Sementara untuk kondisinya masih dalam keadaan aman dan terkendali.

Baca Juga : Event Beautiful Malino Berhasil Masuk KEN Kemenparekraf 2023

“Begitu juga pada pelayanan dan pembinaan bagi warga binaan berjalan baik. Adapun dari sisi penyerapan anggaran dengan target triwulan pertama sebesar 37 persen optimis dapat terealisasi,” terangnya dalam laporannya.

Pihaknya juga memastikan seluruh arahan dan instruksi dari Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak akan dijalankan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.

“Arahan Bapak Kakanwil Liberti Sitinjak akan kami laksanakan, terutamanya untuk terus meningkatkan kinerja agar dapat mengangkat nama baik Kanwil Kemenkumham Sulsel,” kata Luther.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646