0%
logo header
Kamis, 16 Juni 2022 12:05

Kino, Mahasiswa Halu Oleo Asal Buteng Lolos Magang di Perusahaan Nagato Kogyou Jepang

Kino Mahasiswa Fakultas Teknik Mesin Univereitas Halu Oleo bersama rekannya yang lolos Magang di Perusahaan Jepang. (Istimewa)
Kino Mahasiswa Fakultas Teknik Mesin Univereitas Halu Oleo bersama rekannya yang lolos Magang di Perusahaan Jepang. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BUTON TENGAH — Kino (21), salah satu mahasiswa Fakultas Teknik Mesin Universitas Haluoleo Kendari, berhasil mendapatkan kesempatan magang di perusahaan Nagato Kogyou, Jepang.

Kino ditempatkan di perusahaan Nagato pada bagian pengecoran logam, selain itu untuk berangkat ke Negeri Sakura Kino hendak melaksanakan kursus bahasa Jepang selama tiga bulan.

“Saya masih mengikuti kursus bahasa Jepang selama tiga bulan,” tuturnya, saat dihubungi, Kamis (16/06/2022).

Baca Juga : Bantah Lecehkan Mahasiswinya, Profesor di UHO Kendari Bakal Lapor Balik

Perlu diketahui progam magang ke Jepang ini merupakan program Kampus Merdeka dimana Universitas Haluoleo Kendari bekerja sama dengan perusahaan di Jepang untuk merekrut Mahasiswa yang bersedia magang.

Mahasiswa yang bersedia magang harus mengumpulkan berkas persyaratan yang diinginkan Perusahaan setelah itu mahasiswa melakukan Interview lewat aplikasi zoom dengan pihak Perusahaan Nagato.

Kino menjelaskan bahwasanya saat pendaftaran magang itu ada delapan mahasiswa fakultas teknik mesin yang ikut, namun karena pihak perusahaan hanya membutuhkan dua orang saja maka dilakukan tahap seleksi.

Baca Juga : Legislator Buteng Dukung Penuh Pembangunan Perkantoran di Labungkari

“Iya kemarin ada tahap seleksi dimana tahap pertama itu ada delapan orang pendaftar dan diseleksi lagi di tahap kedua sehingga yang lolos hanya empat orang namun karena perusahaan hanya butuh dua orang saja maka diseleksi lagi dan Alhamdulillah saya salah satu mahasiswa yang lolos,” imbuhnya.

Selain itu Kino juga menjelaskan alasan dirinya memilih untuk magang di Jepang tidak hanya karena kemajuan teknologinya, namun kecintaannya akan lingkunganpun menjadi salah satu niat utamanya ingin ke Jepang.

“Karena Jepang dikenal dengan teknologi yang sangat maju dan budaya yang ada di Jepang seperti, minat literasi masyarakatnya sangat tinggi dan kesadaran terhadap lingkungan itu yang ingin membuat saya belajar langsung ke Jepang,” pungkasnya.

Baca Juga : Kronologi Meninggalnya Perwira Brimob Polda Sultra Ipda Imam Agus, Usai Amankan Aksi 11 April 2022

Berlatar belakang seorang anak dari ayah Penampung Barang Rongsokan dan ibu Petani Rumput Laut, tidak membuat semangat Kino putus dalam mengejar cita-citanya ke negeri sakura Jepang.

Setiap hari Kino giat belajar dan jikalau memasuki waktu libur Kino biasanya membantu ibunya dengan menjadi petani rumput laut di tempat tinggalnya yakni di Desa Kamama Mekar, di Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara.

Tidak lupa pula Kino berpesan kepada anak muda di kampung halamannya untuk terus belajar dimanapun tempat mereka menganyam Pendidikan.

Baca Juga : Ini Alasan Ketua KONI Buteng Mendukung Alvian Taufan Putra Sebagai Ketua KONI Sultra

“Untuk teman-teman yg belum ada rezekinya untuk lanjut ke perguruan tinggi saya harus kalian terus belajar dan berkarya, saya yakin kita punya satu tujuan dan mungkin kita hanya beda proses atau cara mencapai tujuan itu. tetap semangat,” tuturnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646