0%
logo header
Sabtu, 10 Februari 2024 12:38

Kolaborasi Pemkot Makassar dan Bank Sulselbar Hadirkan KUR Bagi UMKM

Rizal
Editor : Rizal
Pemimpin Bank Sulselbar KCU Makassar, Supriyanto saat beraudiensi dengan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto di kediaman walikota, Jalan Amirullah, Kamis (8/2/2024). (Foto: Istimewa)
Pemimpin Bank Sulselbar KCU Makassar, Supriyanto saat beraudiensi dengan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto di kediaman walikota, Jalan Amirullah, Kamis (8/2/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto berkolaborasi dengan Bank Sulselbar KCP Makassar menghadirkan program pembiayaan KUR kepada UMKM binaan Kota Makassar.

“Kami menyiapkan pembiayaan KUR untuk super mikro, mikro dan kecil. Untuk mikro dan super mikro atau kredit sampai dengan Rp100 juta maka kami akan bebaskan agunan,” kata Pemimpin Bank Sulselbar KCU Makassar, Supriyanto usai beraudiensi dengan Wali Kota Makassar di kediaman walikota, Jalan Amirullah, Kamis (8/2/2024).

Ia mengatakan bahwa targetnya seluruh binaan UMKM Kota Makassar yang eligible untuk dibiayai. Dimana tahap awalnya ialah UMKM yang sudah ada di fase akselerasi dari proses inkubator dan sesuai dengan data dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar.

Baca Juga : Delapan Tahun Kepemimpinan Adnan-Kio: Momen Tuntaskan Janji

Menurut Supriyanto, program ini akan terus dilanjutkan dan menjadikan UMKM driver dari pertumbuhan ekonomi.

“Kami mengharapkan ekonomi Makassar makin resilient dengan support finansial dari perbankan kepada UMKM di Kota Makassar,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Makassar Muh Rheza mengatakan pihaknya sudah punya ratusan UMKM binaan Pemkot Makassar yang telah melewati tahap akselerasi di inkubator.

Baca Juga : OJK Komitmen Perkuat Industri BPR

Hanya saja kendala terbesar di UMKM ialah permodalan. Olehnya ini program merupakan jawaban dari harapan UMKM selama ini.

Apalagi, kelebihannya bahkan tanpa agunan untuk mikro dan ultra mikro. Sejauh ini dukungan Bank Sulselbar sangat baik untuk Pemkot Makassar apalagi program ini khusus untuk UMKM.

“Kami senang sekali. UMKM yang sudah masuk tahap akselerasi itu juga sebagai bentuk komitmen kami mendorong UMKM yang masuk dalam inkubator. Hingga support sampai mandiri,” ungkapnya.

Baca Juga : Bupati Gowa: Pengembangan Kawasan Mamminasata Pacu Ekonomi Daerah

Ada sekira 2.100 UMKM yang masuk inkubator dan akan terus dibantu permodalan pada tahap selanjutnya.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto juga mengaku senang dengan kolaborasi ini. Lantaran menghidupkan UMKM lorong yang merupakan salah satu elemen penting dalam program Lorong Wisata. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646