0%
logo header
Kamis, 13 Januari 2022 13:57

Kondisi Bangunan Memprihatinkan, Gedung SMKN 4 Sinjai Ancam Keselamatan Siswa dan Guru

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Kondisi Bangunan SMKN 4 Sinjai.
Kondisi Bangunan SMKN 4 Sinjai.

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SINJAI — Sekolah Menengah Kejuaraan Negeri (SMKN) 4 Sinjai yang terletak di Kecamatan Pulau Sembilan Desa Pulau Harapan kondisinya memprihatinkan.

Pasalnya, dinding kantor dan ruang kelas belajar (RKB) dan plafon sudah mulai lapuk, sehingga membahayakan siswa dan Guru yang melakukan proses  pembelajaran tatap muka (PTM).

Salah satu Guru SMKN 4, Irma, mengaku kondisi Gedung sekolah sudah dikeluhkan para wali murid.

Menurutnya, hampir semua wali murid mengeluhkan keamanan anaknya saat belajar di kondisi gedung yang mengancam keselamatan.

“Dengan kondisi gedung sekolah yang serius mengancam keselamatan proses belajar mengajar, acap kali wali murid menegur kami (Guru) terkait kondisi gedung. Bahkan, kami (Guru) juga khawatir dengan kondisi ini bukan orang tua saja, Sebab Guru juga andil bertanggung jawab jika ada insiden disekolah,” ujarnya, Kamis (13/01/2022) kemarin.

Salah satu siswa kelas XII, Rivaldi, juga mengaku waspada ketika mengikuti proses belajar mengajar, karna selain dinding sekolahnya yang lapuk, Plafon RKB-nya sudah mengangah.

Rivaldi juga berharap, pemerintah Provinsi yang terkait segera melakukan perbaikan gedung SMKN 4 demi keselamatan Siswa dan Guru.

“Kami (Siswa-siswi) selalu saja was-was jika mengikuti PTM, karna saat ini,bukan hanya dinding Sekolah yang rusak, beberapa Plafon sudah mengangah. Besar harapan kami pemerintah yang terkait segera mengambil tindakan perbaikan. Karna satu-satunya solusi adalah perbaikan,” harapnya.

Sementara, kepala UPT SMKN 4, kepada media.membenarkan puluhan Siswanya belajar di Gedung yang kondisinyaakan roboh akibat  Gedung dan Tiang peyangganya rusak dimakan usia.

“Benar, Gedung kami belajar dan kantor (SMKN 4) yang ada ini mau roboh, kami sudah buat proposal dan diserahkan ke Dinas Pendidikan namun belum ada jawaban, jadi kami tunggulah.

Kerusakan parah bagian dinding sudah terjadi sejak lama, sebelum Pandemi Covid-19. Besar harapan kami Disdik Provinsi yang menanungi SMA sederajat, merespon keluhan kami (SMKN 4) Sinjai,” ujarnya Baharuddin selaku Kepala UPT SMKN 4 Sinjai.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 852-9999-3998