0%
logo header
Selasa, 20 Desember 2022 15:54

Konsultasi Kesehatan Gratis MAKUKU di Makassar, Bahas Persoalan Ruam Popok ke Orangtua

Chaerani
Editor : Chaerani
Ratusan orangtua mengikuti konsultasi kesehatan gratis di RSIA Ananda Makassar terkait masalah ruam popok pada anak. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara MAKUKU dengan RSIA Ananda Makassar. (Dok. MAKUKU)
Ratusan orangtua mengikuti konsultasi kesehatan gratis di RSIA Ananda Makassar terkait masalah ruam popok pada anak. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara MAKUKU dengan RSIA Ananda Makassar. (Dok. MAKUKU)

REPUBLIKNEWS.CO.IS, MAKASSAR — Konsultasi kesehatan gratis yang disiapkan MAKUKU di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ananda Makassar disambut antusias oleh para orangtua. Apalagi, dalam konsultasi tersebut persoalan ruam pokok menjadi salah satu hal yang dibahas bersama para dokter spesialis anak dan kulit.

Antusias orangtua terlihat dari dari banyaknya jumlah peserta yang melakukan konsultasi. Di mana tercatat sekitar 105 ibu telah melakukan konsultasi masalah ruam popok gratis secara langsung dengan dr. Juwita, Sp.A, dr. Hilda Novita, Sp.A dan dr. Ashar Arsyad. Sp.A di RSIA Ananda Makassar.

“Anak saya pernah mengalami ruam popok saat berusia dua bulan. Ruam popok yang parah ini meninggalkan bitnik-bintik merah pada kulitnya. Pengalaman ini yang saya coba sharing dalam konsultasi gratis ini,” kata seorang ibu yang mengikuti konsultasi, Arhaeda, kemarin.

Baca Juga : Hadirkan Inkubator Bisnis, Kalla Institute Siap Wujudkan Mimpi Jadi Wirausaha Muda

Ia mengaku, setelah mengikuti program konsultasi kesehatan yang disiapkan MAKUKU bekerjasama RSIA Ananda Makassar ini dirinya lebih paham bagaimana perawatan yang tepat untuk kulit bayi.

“Saya berharap MAKUKU senantiasa melanjutkan program ini untuk membantu penyebaran edukasi yang tepat bagi seluruh ibu di Indonesia khususnya untuk masalah ruam popok,” harapnya.

Chief Executive Officer (CEO) MAKUKU Jason Lee mengatakan, masa emas si kecil merupakan masa penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Namun, faktanya, satu dari dua bayi dengan usia di bawah 12 bulan mengalami dermatitis popok.

Baca Juga : Rumata’ ArtSpace Bersama Kemendikbudristek Gagas Bacarita Digital Bertema Pangan Lokal

“Tidak sedikit ibu di Indonesia yang melakukan perawatan bagi si kecil melalui informasi yang belum diketahui kebenarannya. Bahkan 27 persen dari sekitar 1.000 hoax yang dijadikan sebagai sampel merupakan berita mengenai kesehatan,” katanya.

Menurutnya, informasi tersebut tentunya berpotensi menyesatkan para ibu dalam mendapatkan edukasi untuk kesehatan bayi. Olehnya, konsultasi dengan dokter sangat penting dilakukan sebagai upaya pencegahan dan penanganan yang tepat.

Sementara, Branding Director MAKUKU Lucky Zheng mengungkapkan, program konsultasi masalah ruam popok gratis kali ini terlaksana karena tingginya antusias para ibu di Indonesia sejak dilaksanakannya Private Consultation MAKUKU secara digital pada Agustus 2022.

Baca Juga : LPPM Kalla Institute Dampingi Kelompok Tunanetra dan Muallaf Kembangkan Bisnis

“Kami mengapresiasi para ibu yang ingin mendapatkan informasi dari pihak yang kredibel,” terangnya.

Lanjutnya, konsultasi masalah ruam popok gratis oleh MAKUKU ini dilakukan bersama dengan 10 rumah sakit di 10 kota. Antara lain, Jakarta, Tangerang, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, Palembang, dan Lampung.

Dokter Anak RSIA Ananda Makassar dr. Hilda Novita mengatakan, masalah ruam popok dapat terjadi akibat pemakaian popok yang terlalu lama. Apalagi, kulit bayi masih sangat sensitive sehingga risiko alerginya lebih besar.

Baca Juga : Pelabuhan MNP Makassar Diresmikan Jokowi, Bukti Negara Abaikan Hak Perempuan & Nelayan

“Ruam popok dapat menimbulkan infeksi sekunder, baik pada kulit maupun kondisi bayi secara umum. Ruam popok yang menyebabkan kulit gatal, juga dapat memicu ISK (Infeksi Saluran Kemih), hal itu dikarenakan pemakaian popok terlalu lama atau tidak diganti,” katanya.

Ia menyebutkan, masalah ruam popok sendiri merupakan masalah umum yang dihadapi ibu karena penggunaan popok sekali pakai cukup banyak. Persentasenya sekitar 30 hingga 40 persen pasien di RSIA Ananda konsultasi seputar masalah ruam popok.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646