0%
logo header
Kamis, 24 November 2022 09:02

Kunjungan ke ITPC Jeddah, KADIN Gowa Paparkan Potensi Komiditas Ekspor

Chaerani
Editor : Chaerani
Ketua KADIN Gowa Ardiansyah Arsyad (keempat kiri) bersama Direktur ITPC Muhammad Rivai Abbas (kelima kanan) didampingi rombongan Pengurus KADIN Gowa saat melakukan kunjungan kerja di Kantor Perwakilan Perdagangan Indonesia, di Kota Jeddah. (Dok. Humas KADIN Gowa)
Ketua KADIN Gowa Ardiansyah Arsyad (keempat kiri) bersama Direktur ITPC Muhammad Rivai Abbas (kelima kanan) didampingi rombongan Pengurus KADIN Gowa saat melakukan kunjungan kerja di Kantor Perwakilan Perdagangan Indonesia, di Kota Jeddah. (Dok. Humas KADIN Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Kabupaten Gowa salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang memiliki sumber daya alam melalui ragam komoditas unggulan. Utamanya dari sektor pertanian, peternakan, hingga perkebunan.

Potensi komoditas unggulan yang dimiliki Kabupaten Gowa ini pun dipaparkan Ketua Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Gowa Ardiansyah Arsyad dalam kunjungannya di Kantor Perwakilan Perdagangan Indonesia (Indonesia Trade Promotion Center atau ITPC) di Kota Jeddah. Di mana kunjungan rombongan KADIN Gowa disambut langsung Direktur ITPC Muhammad Rivai Abbas.

Pertemuan tersebut menjadi bagian dari agenda kunjungan kerja yang dilakukan Pengurus KADIN Gowa di Arab Saudi.

Baca Juga : Ketua Umum KKSS Muchlis Patahna Lantik Pengurus DPP HIMAS Periode 2022-2027

“Di Sulsel secara umum dan Kabupaten Gowa secara khusus memiliki komoditas unggulan yang beragam. Komoditas unggulan ini pun sangat berpeluang untuk di ekspor ke beberapa negara tujuan, termasuk di Arab Saudi, khususnya lagi Kota Jeddah,” kata Ketua KADIN Gowa Ardiansyad Arsyad dalam kunjungannya, kemarin.

Di sebutkan beberapa potensi komoditas unggulan yang dapat di ekspor dari Kabupaten Gowa ke negara tujuan. Antara lain, kopi, beras, jagung, Porang dan lainnya.

Direktur ITPC Muhammad Rivai Abbas menyampaikan, pihaknya sangat senang menerima kunjungan rombongan KADIN Gowa. Kunjungan ini pun diharapkan bisa menghasilkan sebuah kerjasama dalam hal perdagangan produk-produk unggulan.

Baca Juga : Optimis Lolos Verifikasi Faktual, OSO Beri Motivasi dan Semangat ke Kader Hanura Sulsel

“Penduduk Arab Saudi yang sekarang berjumlah 26 juta lebih ini kebutuhannya kebanyakan di impor dari luar atau sekitar 50 persen. Potensi ini harus betul dimanfaatkan oleh pengusaha di Indonesia,” terangnya.

Menurutnya, tantangan yang ada adalah produk yang dihadirkan harus mampu bersaing dari segi harga dan kualitas. Namun ia menilai ini bukan halangan bagi pengusaha karena sejatinya mental pengusaha di Indonesia tergolong mental yang pantang menyerah.

“Pemerintah kan telah menghadirkan solusi sebagai jembatan Pengusaha Indonesia dan Arab Saudi dengan hadirnya Kantor Perwakilan Perdagangan di Kota Jeddah ini. Sehingga ini harusnya dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga : Hadiri PAW Misbahuddin, Adnan: Pemerintah-DPRD Harus Jalin Kolaborasi

Setelah pembahasan yang cukup hangat rombongan KADIN Gowa pun diajak untuk melihat produk-produk Indonesia yang terpajang. Antara lain kopi, ragam rempah-rempah, kerajinan dan lainnya.

Pertemuan ini pun sekaligus menutup kunjungan Kerja KADIN Gowa ke Arab Saudi, sebelum bertolak ke tanah air.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646