0%
logo header
Selasa, 24 Oktober 2023 15:21

Kunjungi Rumah Kemasan Milik Disperindag Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar Minta UMKM Tetap Disubsidi

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Pj Ketua Dekranasda Sulsel Sofha Marwah Bahtiar, saat meninjau Rumah Kemasan UPT Industri Makanan, Minuman, dan Kemasan Provinsi Sulsel, Selasa (24/10/2023). (Istimewa)
Pj Ketua Dekranasda Sulsel Sofha Marwah Bahtiar, saat meninjau Rumah Kemasan UPT Industri Makanan, Minuman, dan Kemasan Provinsi Sulsel, Selasa (24/10/2023). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Pj Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, meninjau Rumah Kemasan UPT Industri Makanan, Minuman, dan Kemasan Provinsi Sulsel, di Jalan Sultan Alauddin No 195, Kelurahan Gunung Sari, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Selasa (24/10/2023).

Rumah kemasan ini merupakan satu-satunya milik pemerintah di Kawasan Timur Indonesia, yang memiliki fasilitas mesin kemasan yang lengkap.

Kepala Disperindag Sulsel, Ahmadi Akil, menjelaskan, kehadiran rumah kemasan ini sangat membantu UMKM dan IKM. Pihaknya juga memberikan subsidi bagi UMKM dan IKM binaan PKK Kabupaten Kota.

Baca Juga : Dekranasda Ikut Sukseskan Festival Sulsel Menari, Dorong Kreatifitas Desainer Lokal Melalui Fashion Show

“Tiap kabupaten kota bisa mengusulkan delapan UMKM atau IKM binaannya, untuk kemudian diberikan subsidi Rp800 per kemasan,” kata Ahmadi Akil.

Iapun menjelaskan satu per satu fasilitas mesin yang dimiliki rumah kemasan. Mulai dari mesin standing pouch hingga mesin sablon. Begitupun dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Perancangan Desain. Persetujuan tindak lanjut desain, pembuatan desain, rancangan desain, rincian biaya pesanan, finishing desain/cetak desain, dan penyimpanan file.

Pj Ketua Dekranasda Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, mengapresiasi rumah kemasan ini. Ia berharap, subsidi bisa terus diberikan bagi UMKM dan IKM, untuk membantu mereka dalam pengembangan usahanya.

Baca Juga : Dekranasda Sulsel Ikuti Pameran Expo UMKM di Solo, Sofha Marwah: Produk Unggulan dan Terbaik dari Sulsel

“Untuk tahun depan, harus tetap diberikan subsidi. Diusulkan saja untuk penganggarannya,” kata Sofha Marwah, begitu mendengar laporan Kadisperindag Sulsel, jika tahun 2024 mendatang, kemasan tidak lagi diberikan subsidi.

Sofha Marwah juga berharap, kapasitas mesin bisa terus ditingkatkan. Sehingga, ke depan sudah bisa menerima pesanan dalam jumlah yang banyak dari berbagai daerah. Tidak hanya dari Sulsel, tapi juga dari luar Sulsel, khususnya di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

“Rumah kemasan ini sudah luar biasa sekali. Semoga ke depan bisa ditingkatkan lagi,” kata Sofha Marwah. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646