0%
logo header
Jumat, 07 Juni 2024 18:43

Layanan Terintegrasi Lapas Kelas IIA Samarinda Meringankan Beban Keluarga WBP

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Lapas Kelas IIA Samarinda saat menggelar Coffee Morning bersama awak media. (Istimewa)
Lapas Kelas IIA Samarinda saat menggelar Coffee Morning bersama awak media. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SAMARIMDA — Ditengah arus perkembangan teknologi yang terus maju, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Samarinda tidak ketinggalan dengan menciptakan inovasi terbaru.

Pada tahun lalu, Lapas tersebut memperkenalkan Layanan Integrasi Online Lapas Samarinda, yang lebih dikenal dengan singkatan LION L’SAMDA. Inovasi ini dibuat untuk memudahkan akses layanan bagi keluarga narapidana yang jauh dari lokasi Lapas.

Kepala Lapas IIA Samarinda, Hudi Ismono, menjelaskan bahwa LION L’SAMDA hadir untuk mempermudah proses seperti Pembebasan Bersyarat (PB), Cuti Penjara Bebas (CN), dan Cuti Mengunjungi Keluarga (CMK).

Baca Juga : ATR/BPN Seluruh Indonesia Tanam 100 Ribu Pohon, Upaya Selamatkan Bumi dari Krisis Iklim

“Sebagian besar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIA Samarinda berasal dari luar Kota Samarinda, sehingga layanan ini sangat membantu mereka yang harus melakukan perjalanan jauh untuk mengurus administrasi,” ujarnya pada acara Coffee Morning, hari Jumat (07/06/2024)

Dalam konteks ini, layanan digital ini mengurangi kebutuhan untuk melakukan perjalanan bolak-balik yang melelahkan bagi keluarga WBP.

“Mereka dapat mengurus segala urusan administratif dari rumah masing-masing tanpa harus repot datang langsung ke Lapas,” tambahnya.

Baca Juga : Wakil Ketua DPD RI Mahyudi Daftar Sebagai Bakal Calon Gubernur Kaltim di Partai Gerindra

Selain memudahkan keluarga WBP, layanan ini juga mempercepat pelayanan dari Lapas kepada keluarga narapidana.

“Dengan adanya layanan ini, proses administrasi yang sebelumnya memakan waktu dan tenaga menjadi lebih efisien,” jelas Hudi.

Meski demikian, Humas Lapas IIA Samarinda, Wahid, mengungkapkan beberapa kendala yang dihadapi selama penerapan LION L’SAMDA.

Baca Juga : Gandeng LKBH Universitas Widya Gama Mahakam, Lapas Narkotika Samarinda Gelar Penyuluhan Hukum untuk Warga Binaan

“Tidak semua orang memiliki akses yang sama terhadap teknologi, terutama bagi mereka yang berasal dari daerah terpencil atau yang kurang terbiasa dengan teknologi,” ujarnya.

Namun, Wahid menyatakan bahwa hingga saat ini, komunikasi dengan keluarga WBP berjalan lancar dan program ini dapat berjalan dengan baik.

Untuk mengakses Layanan Integrasi Lapas Samarinda, pengguna dapat mengunjungi laman resmi Lapas Samarinda melalui https://lapas-samarinda.com/layananintegrasi/. Melalui aplikasi ini, semua kemudahan layanan integrasi di Lapas Kelas IIA Samarinda dapat diakses dengan mudah. (*)

Penulis : Kurniawan
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646