0%
logo header
Rabu, 21 Februari 2024 17:28

Lewat Apresiasi Duta Genre, Dinas PPKB Gowa Siapkan Wadah Adu Gagasan

Chaerani
Editor : Chaerani
Dinas PPKB Kabupaten Gowa menyiapkan wadah aduh gagasan kepada para Duta Genre melalui Apresiasi Duta Genre Tahun 2024, di Baruga Karaeng Pattingalloang, kemarin. (Dok. Humas Gowa)
Dinas PPKB Kabupaten Gowa menyiapkan wadah aduh gagasan kepada para Duta Genre melalui Apresiasi Duta Genre Tahun 2024, di Baruga Karaeng Pattingalloang, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Gowa menyiapkan wadah aduh gagasan kepada para Duta Genre (Generasi Berencana) melalui Apresiasi Duta Genre Tahun 2024.

Event yang berlangsung di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa ini pun menghadirkan 26 finalis yang beradu bakat dan gagasannya.

Kepala Dinas PPKB Kabupaten Gowa Sofyan Daud mengatakan, Pemerintah Kabupaten Gowa melakukan berbagai akselerasi pembangunan dalam upaya menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di masyarakat. Salah satunya pada masalah stunting.

Baca Juga : Jelang Pilwali Makassar, Ustadz Das’ad Latif Masuk Radar NasDem

“Pada 2021 dan 2022, prevalensi stunting kita stagnan di angka 33 persen, atau berada pada 5 besar kabupaten tertinggi angka stunting di Sulawesi Selatan,” katanya, di sela-sela kegiatan, kemarin.

Dengan kondisi tersebut pun Kabupaten Gowa ditetapkan sebagai salah satu kabupaten prioritas dalam percepatan penurunan stunting menuju target nasional yaitu 14 persen di 2024.

Lanjutnya, dalam rangka percepatan penurunan stunting, Pemerintah Kabupaten Gowa melakukan berbagai upaya salah satunya dengan mengoptimalkan peran dan fungsi PIK Remaja dan Duta Genre Kelurahan/Desa. Upaya ini sebab disadari remaja merupakan generasi harapan bangsa karena masa depan bangsa sangat ditentukan oleh peran generasi muda.

Baca Juga : Sukseskan Utsawa Dharma Gita IX Tingkat Sulsel, Muhammad Fauzi Sumbang Hadiah Rp30 Juta

“Kemajuan bangsa Indonesia kedepan tergantung bagaimana cara merencanakan dan menyiapkan remaja Indonesia yang berkualitas, memiliki kecerdasan intelektual, spiritual serta emosional yang kuat,” ujarnya.

Tahun ini Pemerintah Kabupaten Gowa melakukan Apresiasi Duta Genre (Generasi Berencana) pada tahun 2024.

“Semoga acara ini dapat menginspirasi dan memberikan spirit yang baik untuk pembangunan di Kabupaten Gowa khususnya pada pembangunan SDM kita,” tegasnya.

Baca Juga : Dekan FTI UMI: Tak Ada Perpisahan Lebih Mengharukan selain Pisah dari Bulan Ramadan

Sementara, Kabid Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Gowa, Sulhijrah berharap kegiatan Apresiasi Duta Genre Gowa 2024 ini juga dapat melahirkan generasi yang mampu menjadi wakil Kabupaten Gowa dan menjadi pendidik serta konselor sebaya untuk mewujudkan Indonesia emas pada tahun 2045.

Kegiatan tahun ini mengusung tema ‘Satu tuju satu tekad Genre Gowa cegah stunting’. Dari tema ini tersirat bahwa peran remaja sebagai generasi pelanjut dibutuhkan untuk membantu pemerintah dalam hal ini BKKBN dan DPPKB dalam rangka penurunan prevalensi stunting yang ditargetkan sampai pada angka 14 persen di 2024 ini.

Peserta kegiatan ini berasal dari 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Gowa yang telah diseleksi sedemikian rupa sejak Januari. Di mana 13 kecamatan secara offline, dan 5 kecamatan lainnya secara virtual.

Baca Juga : Di Hadapan Keluarga Besar, Andi Ina Izin Untuk Bertarung di Pilkada Barru

“Total peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 26 orang dan telah dilakukan karantina selama 3 hari mulai 18 hingga 20 Februari di Balai Diklat Pemerintah Kabupaten Gowa,” jelasnya.

Dari 26 peserta, akan terpilih 8 pasang juara yang terdiri dari Juara 1 PA/PI, Juara 2 PA/PI, Juara 3 PA/PI, Harapan 1 PA/PI, Harapan 2 PA/PI, dan Juara Favorit PA/PI.

Juara 1 nantinya akan mewakili Kabupaten Gowa dalam apresiasi Duta Genre Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2024. Adapun para finalis yang berhasil meraih juara diantaranya, Kategori Putra Juara 1 diraih Kecamatan Pallangga atas nama Abrar Harsa Muin, Juara 2 Hardianto dari Kecamatan Biringbulu, Juara 3 Aidil Rifky Ramadhan dari Kecamatan Bajeng.

Baca Juga : Di Hadapan Keluarga Besar, Andi Ina Izin Untuk Bertarung di Pilkada Barru

Sementara Juara Harapan 1 diraih Muh. Nur Khaidir dari Kecamatan Somba Opu, Juara Harapan 2 Muh. Rusdiansyah Ruslan dari Kecamatan Pallangga dan Juara Favorit diraih Syahri Ramadhan dari Kecamatan Bontolempangan.

Sementara itu Kategori Putri, Juara 1 diraih oleh Naila Zahira dari Bajeng Barat, Juara 2 Adela Putri Rosa dari Kecamatan Biringbulu, dan Juara 3 Nur Zakinah dari Kecamatan Sombaopu. Smeentara Juara Harapan 1 diraih Mustika Syaharuddin dari Somba Opu, Harapan 2 Nurul Fatihatul Hidayah dari Kecamatan Bajeng dan Juara Favorit diraih A. Luckyana Rafeyfa Ulfa dari Kecamatan Somba Opu.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646