0%
logo header
Jumat, 19 Januari 2024 19:35

Makassar Sabet Peringkat 3 Nasional Kota Terbaik Penyelenggaraan Pemerintah Daerah

Rizal
Editor : Rizal
Pj Sekda Makassar, Firman Hamid Pagarra saat menerima penghargaan untuk Kota Makassar sebagai salah satu kota terbaik penyelenggaraan pemerintahan di tingkat nasional, Kamis (18/1/2024). (Foto: Istimewa)
Pj Sekda Makassar, Firman Hamid Pagarra saat menerima penghargaan untuk Kota Makassar sebagai salah satu kota terbaik penyelenggaraan pemerintahan di tingkat nasional, Kamis (18/1/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAKARTA – Kota Makassar kembali dinobatkan sebagai salah satu kota terbaik penyelenggaraan pemerintahan di tingkat nasional. Kota Makassar masuk 10 besar dan menduduki posisi ketiga dengan nilai 3,5660 status tinggi.

Hal itu diumumkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Suhajar Diantoro saat menyerahkan SK Mendagri tentang hasil Evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (ELPPD) 2023, terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) 2022.

SK ini diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra mewakili Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto di Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Baca Juga : Gandeng Media, Bawaslu Sulsel Perkuat Kinerja Kehumasan Jelang Pilkada Serentak 2024

Torehan ini menjadi prestasi yang membanggakan karena Kota Makassar berhasil masuk 10 besar penilaian LPPD dua tahun berturut-turut.

Alhamdulillah Kota Makassar meraih peringkat ke-3 LPPD 2023 atas penilaian LPPD 2022. Dua tahun berturut-turut Makassar kembali masuk dalam kategori 10 besar penilaian LPPD,” ucap Firman.

Ia menjelaskan ada sekitar ratusan indikator penilaian yang digunakan oleh Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri dalam menentukan kota dengan kinerja terbaik atau tertinggi nasional.

Baca Juga : Surya Paloh Imbau Kader NasDem Solid Menangkan Duet ASS-Fatma di Pilgub Sulsel 2024

Beberapa indikator tersebut, diantaranya laporan capaian kinerja makro, akuntabilitas kinerja pemerintah, penerapan standar pelayanan minimal, pertanggungjawaban pelaksanaan APBD, informasi keuangan daerah dan indikator lain seperti kebijakan, kelembagaan, dan sumber daya manusia pada otonomi daerah.

“Capaian ini merupakan kerjasama antar OPD dan dukungan masyarakat sehingga prestasi ini dapat diraih oleh Pemerintah Kota Makassar,” katanya.

Firman menekankan ada hal penting dari penghargaan ini karena dapat berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sehingga ia berharap capaian tahun ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada tahun mendatang.

Baca Juga : Lewat CSR Penanaman Mangrove di Berbagai Daerah, Yamaha Indonesia Upayakan Reduksi Emisi Karbon

Menurut Firman, Makassar pernah meraih Parasamya Purnakarya Nugraha di periode pertama kepemimpinan Danny Pomanto ketika meraih peringkat 10 besar LPPD tiga kali berturut-turut. Semoga di masa kepemimpinan periode kedua ini juga meraih kembali Parasamya Purnakarya Nugraha.

Tercatat beberapa program prioritas unggulan Pemerintah Kota Makassar tahun 2022, yakni menciptakan Lorong Wisata yang fokus pada pengembangan pangan utamanya berbagai tanaman yang dapat menekan inflasi seperti cabai.

Tak hanya penanganan inflasi, program ini pun terbukti dapat memanfaatkan berbagai ruang di lorong yang awalnya tidak difungsikan. Karena hal itu dampaknya kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya warga kawasan lorong pemukiman.

Baca Juga : Penguatan Produk Hukum Daerah, Bapemperda DPRD Sulsel Hadiri Rakornas di Kaltim

Adapun 10 besar kota di Indonesia dengan penyelenggaraan pemerintahan terbaik tingkat nasional, yakni Surabaya (3,5866 poin), Surakarta (3,5718 poin), Makassar (3,5660 poin), Tangerang (3,5320 poin) dan Semarang (3,5254 poin).

Selanjutnya, Medan (3,5095 poin), Palembang (3.4541 poin), Samarinda (3,4529 poin), Kota Metro (3,4465 poin), serta Denpasar (3,4439 poin). (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646