Maklumat Kapolri Tak Diindahkan, Taman Depan Polsek Mawasangka Buton Tengah Ramai Gelar Pasar Malam Tahun Baru 2021

  • Bagikan
Suasana Pasar Malam di Taman Matana Sorumba, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, Kamis (31/12/2020) malam. Warga berkerumun dan tidak memakai masker.

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BUTON TENGAH – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) baru -baru ini mengeluarkan Maklumat tentang larangan menggelar pesta atau kegiatan yang mengundang kerumunan warga pada saat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Hal itu dilakukan untuk menindaklanjuti program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Namun, hal itu bisa dibilang tidak berlaku di Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara.

Seperti yang terlihat pada malam pergantian tahun, Kamis (31/12/2020) malam di Taman Matana Sorumba yang tepat terletak berhadapan dengan Polsek Mawasangka, ramai dikunjungi warga karena kegiatan pasar malam.

Dari pantauan, pasar malam di taman ini cukup ramai dikunjungi warga mulai pukul 19.00 WITA hingga menjelang pergantian tahun pukul 00.00 WITA (01/01/2021).

Pada kegiatan pasar malam ini, tidak terlihat tindakan tegas dari Pemerintah setempat dalam hal ini Pemerintah Kecamatan Mawasangka atau pun aparat Kepolisian sebagai pihak keamanan, untuk membubarkan kerumunan warga.

Hanya saja, terlihat selembaran himbauan kepada pengunjung pasar malam wajib memakai masker serta mematuhi protokol kesehatan. Namun yang terlihat sebagian besar pengunjung tetap berkerumun dengan tidak memakai masker.

Salah satu warga Mawasangka yang enggan disebutkan namanya, menyampaikan keprihatinannya atas penyelenggaraan kegiatan pasar malam ditengah pandemi ini.

“Disaat pemerintah mulai dari pusat hingga ke daerah keluarkan himbauan untuk mencegah penyebaran virus corona, namun berbeda dengan di Mawasangka ini, bukan mencegah corona tapi justru mengundang Virus corona untuk datang,” ucapnya dengan nada kesal.

Terlebih, lanjutnya, di salah satu sudut Taman Matana Sorumba ini terpampang sebuah Baliho berukuran besar tentang Maklumat Kapolri Jendral Polisi Idham Azis, melarang secara Nasional kegiatan yang mengundang kerumunan untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

“Ada apa sebenarnya dengan pihak Kepolisian yang tidak melakukan tindakan tegas, padahal kegiatan ini tepat berada di Depan Kantor Polsek Mawasangka, Kantor Koramil Mawasangka dan juga Rumah Jabatan Camat Mawasangka,” tuturnya.

Bukan hanya baliho besar tentang Maklumat Kapolri, juga terlihat himbauan dari Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkiri yang melarang kegiatan yang mengundang kerumunan warga. (Jurnalisme Warga)

  • Bagikan