0%
logo header
Minggu, 04 Desember 2022 11:04

Maksimalkan Pelayanan Kesehatan di Pulau Binongko Wakatobi, Haliana Resmikan Gedung Baru Puskesmas Popia

Asril Astian
Editor : Asril Astian
Bupati Wakatobi, H. Haliana, menandatangani Prasasti Peresmian Gedung baru UPTD Puskesmas Popalia, Sabtu (03/12/2022). (Istimewa)
Bupati Wakatobi, H. Haliana, menandatangani Prasasti Peresmian Gedung baru UPTD Puskesmas Popalia, Sabtu (03/12/2022). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, WAKATOBI — Gedung baru Unit Pelaksana Teknisi Daerah (UPTD) Puskesmas Popalia, Kecamatan Togo Binongko, Pulau Binongko, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi tenggara, akhirnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Bupati Haliana, telah meresmikan gedung Puskesmas Popalia, pada Sabtu (03/12/2022) kemarin.

Kegiatan peresmian tersebut dirangkaikan dengan kegiatan sosialisasi dan pelayanan dokter spesialis anak, spesialis kandungan, dan spesialis ahli dalam yang diikuti sekira 100 pasien. Dalam acara itu, Bupati Haliana juga menyerahkan bantuan tabung oksigen ke seluruh Puskesmas di Pulau Binongko.

Bupati Haliana berharap agar hadirnya bangunan UPTD Puskesmas Popalia bisa dirasakan oleh masyarakat. Sehingga ia menitip pesan agar manajemen pelayanan kesehatan dijalankan dengan baik.

Baca Juga : Seleksi JPTP Eselon IIb Lingkup Pemkab Wakatobi Dibuka

“Dan tentu saja kita berharap agar Kepala Puskesmas (Kapus) yang memimpin dan memanajemen, baik manajemen keuangan, pelayanan masyarakat, manajemen kepegawaian benar-benar menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” tegas politisi PDI-Perjuangan itu dalam arahannya.

Haliana mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi lewat program merdeka sehat kian berupaya memperbaiki serta meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah. Misalnya dengan menambah jumlah tenaga dokter serta fasilitas penunjang lainnya.

Dengan begitu, masyarakat lebih gampang mengakses pelayanan kesehatan baik itu di Puskesmas ataupun di RSUD Wakatobi.

Baca Juga : Pemda Wakatobi Bersama BPJS Ketenagakerjaan Teken PKS, Apa Manfaatnya?

“Pada akhir 2021 kemarin, pemerintah daerah kembali mengontrak sebanyak enam dokter ahli untuk di tugaskan di RSUD Wakatobi,” katanya.

“Alhamdulillah berkat kerjasama yang baik dengan pihak Kementerian Kesehatan, kita juga mendapat bantuan dokter umum melalui program nusantara sehat yang ditugaskan disetiap Puskesmas di Wakatobi,” sambungnya.

“Untuk memaksimalkan lagi kita akan menghadirkan program ambulance laut yang kita gratiskan kepada masyarakat. Tahun depan (2023) kita mendapat speed ambulance baru sebanyak 2 unit untuk digunakan masyarakat Kaledupa, Tomia dan Binongko,” tambahnya.

Baca Juga : Resmi Dilantik, 300 Anggota PPS Wakatobi Diharapkan Jaga Integritas

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Wakatobi, Muliadin menjelaskan, Puskesmas Popalia merupakan salah satu Puskesmas rawat inap dari delapan Puskesmas yang tersebar di delapan kecamatan di Wakatobi. Puskesmas Popalia sambung dia merupakan satu-satunya Puskesmas di Kecamatan Togo Binongko yang melayani tiga Desa dan dua Kelurahan.

“Puskemas Popalia ini masyarakat bisa mengakses selama 24 jam terutama di pelayanan gawat daruratnya,”  katanya.

Gedung UPTD Puskesmas Popalia ini dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 sebesar Rp 10 milliar. “Salah satu implementasi dari program merdeka sehat juga pemerintah daerah penempatan satu bidan dan satu perawat dan itu sudah di SK kan. Alhamdulillah pada bulan November kemarin mereka sudah mulai pembekala,” imbuhnya. (*)

Penulis : Gayus Irawadi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646