0%
logo header
Rabu, 24 Januari 2024 22:44

Menteri Perdagangan Sikapi Masalah Internet di Merauke

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Abdul Ganing (kanan) dan Albert Muyak (kiri) saat memberikan keterangan Pers. (Foto: Hendrik Resi / republiknews.co.id)
Abdul Ganing (kanan) dan Albert Muyak (kiri) saat memberikan keterangan Pers. (Foto: Hendrik Resi / republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE — Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Mendag), Zulkifli Hasan menyikapi serius masalah gangguan jaringan internet di Merauke Provinsi Papua Selatan ketika berkunjung ke Merauke, Selasa (23/1/2024).

Dampak gangguan jaringan internet yang berimbas pada pertumbuhan ekonomi dan perdagangan di kawasan Papua Selatan mendorong, Mendag Zulkifli untuk segera bertemu Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Budi Arie Setiadi setibanya di Jakarta, guna mencari solusi.

Keseriusan Zulkifli Hasan menyikapi masalah jaringan internet di Merauke, setelah mendapat laporan dari Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Papua Selatan, Abdul Ganing dalam kegiatan konsolidasi di Swiss-belHotel Merauke, Selasa (23/1/2023).

Baca Juga : Kejari Merauke Sidik Perkara Dugaan Tipikor Pembangunan Lanjutan Kantor Bupati Baru Boven Digoel

Mendag Zulkifli mendapat laporan perihal gangguan jaringan internet di Merauke dan sekitarnya sejak 4 Januari 2024 lalu yang disebabkan oleh putusnya kabel optik bawah laut ruas Merauke-Timika km 138 di kedalaman 42 meter (segmen laut).

“Kita ada lapor juga ke Ketua Umum, Pak Zul terkait signal internet di sini. Kalau Telkomsel kan mitra kerja dengan kementerian. Saya bilang sama beliau kalau bisa Menkominfo untuk kita punya jaringan di Merauke ini, selalu kabel optik putus,” ujar Abdul Ganing kepada wartawan usai bertemu Zulkifli Hasan.

“Solusinya seperti apa, apakah kita tambah VSAT atau satelit kah, jangan sampai kita terganggu terus seperti ini. Puji Tuhan, syukur alhamdulillah, ketua umum support dan beliau akan sampaikan ke Menkominfo,” sambungnya.

Baca Juga : Rumah Perjuangan Paslon Bupati Hendrik-Riduwan di Distrik Kurik Merauke Diresmikan

Menurut Abdul Ganing, tanggapan Menteri Zulkifli sangat positif atas masalah internet di Merauke yang dilaporkan. Mengingat, gangguan internet telah berdampak langsung pada pendistribusian pangan dan komoditas perdagangan lainya. Menteri berantensi untuk segera diperbaiki.

“Menteri Perdagangan pasti serius karena terkait harga pangan dan barang-barang lainnya. Gara-gara jaringan, pendistribusian sembako ikut terdampak,” kata Abdul Ganing.

Perlu diketahui, kunjungan Zulkifli Hasan ke Merauke berlangsung singkat, kurang lebih satu jam. Kedatangan Zulkifli selain sebagai Ketua Umum PAN juga sebagai Menteri Perdagangan RI, sehingga disambut langsung oleh Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo berserta Forkopimda di Bandara Mopah Merauke. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646