0%
logo header
Rabu, 13 Desember 2023 12:13

Pemkab Kutai Kartanegara Dapat Insentif Fiskal untuk Pengendalian Inflasi Daerah

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Bupati Kukar Edi Damansyah, saat memberikan bantuan kepada masyarakat. (Istimewa)
Bupati Kukar Edi Damansyah, saat memberikan bantuan kepada masyarakat. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menerima insentif fiskal sebesar Rp 9,8 miliar dari Kementerian Keuangan RI untuk mengendalikan inflasi di wilayah tersebut.

Dana ini akan digunakan untuk mendukung operasi pasar dan pasar murah di beberapa kecamatan hingga desa-desa, sebagai langkah untuk menekan angka inflasi di Kukar.

Insentif ini diberikan sebagai apresiasi terhadap upaya Pemkab Kukar yang berhasil menekan tingkat inflasi di bawah angka nasional, mengakibatkan pemerintah pusat memberikan dukungan finansial ini.

  • Bantuan Sektor Perikanan di 2 Kecamatan

Baca Juga : Sosialisasi MHF di Tiga Kecamatan, Sorak Sorai Husni Bupati Kukar dan Harum Gubernur Kaltim 2024

Puluhan kelompok usaha bersama (KUB) di Kelurahan Mangkurawang dan Loa Tebu, Kecamatan Tenggarong menerima bantuan sarana prasarana nelayan dan pembudidaya ikan, seperti mesin ketinting, perahu, alat tangkap, pakan, dan benih ikan. Ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan sektor ekonomi pertanian, pariwisata, dan ekonomi kreatif, serta memberikan fasilitas kepada 25 ribu nelayan dan pembudidaya ikan.

Bupati Edi Damansyah juga mendistribusikan bantuan serupa kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) di Kecamatan Muara Badak, berupa mesin diesel dan bibit ikan bandeng beserta pakannya, sebagai bagian dari program Kukar Idaman untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan pembudidaya ikan.

  • Program Kredit Kukar Idaman untuk Nelayan dan Petani

Pemkab Kukar menginisiasi Program Kredit Kukar Idaman dengan bunga nol persen bagi petani, nelayan, dan pembudidaya ikan. Program ini bertujuan untuk memberikan tambahan permodalan kepada mereka serta menghentikan praktik peminjaman uang dari rentenir.

Baca Juga : Sekda Sunggono: Upaya Kejari Kukar Bukti Nyata Komitmen Pemerintahan Bersih

Kredit Kukar Idaman juga merupakan bagian dari Program Dedikasi Kukar Idaman, yang menargetkan peningkatan kapasitas usaha melalui akses permodalan, ekspansi jaringan pemasaran, dan peningkatan kualitas produk dalam Program Usaha Kecil Idaman. (Infografis / Prokom Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646