0%
logo header
Kamis, 08 Februari 2024 02:18

Perkuat Pertahanan Laut Makassar, Pj Sekda Apresiasi Datangnya Kapal Marlin-877

Rizal
Editor : Rizal
Pj Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra saat menyambut kedatangan armada baru untuk menjaga perairan laut Makassar dan sekitarnya di Dermaga Layang, Mako Lantamal VI Makassar, Rabu (7/2/2024). (Foto: Istimewa)
Pj Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra saat menyambut kedatangan armada baru untuk menjaga perairan laut Makassar dan sekitarnya di Dermaga Layang, Mako Lantamal VI Makassar, Rabu (7/2/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Penjabat (Pj) Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra menyambut kedatangan armada baru untuk menjaga perairan laut Makassar dan sekitarnya di Dermaga Layang, Mako Lantamal VI Makassar, Rabu (7/2/2024).

Armada baru tersebut merupakan sebuah jenis kapal patroli cepat 60 meter. Namanya, KRI Marlin-877. Kapal ini ditugaskan untuk memperkuat jajaran Satuan Patroli Lantamal VI Makassar jajaran Koarmada II.

Firman saat penyambutan kapal tersebut mengaku bangga karena KRI Marlin 877 ini hasil karya putera-puteri Indonesia.

Baca Juga : 2.145 Atlet Berlaga di Pekan Olahraga NIPAH 2024, Anak-Anak Ikut Serta

“Ini suatu kebanggaan bagi Kota Makassar karena bertambahnya armada baru untuk menjaga maritim Kota Makassar. Lebih bangganya lagi karena ini karya anak bangsa kita sendiri,” ucapnya.

Kehadiran KRI Marlin 877 ini, kata Firman membuat kekuatan di sektor kemaritiman atau laut Kota Makassar semakin bertambah aman.

Tak hanya itu, katanya, ini adalah bentuk komitmen besar jajaran TNI AL dalam mendukung program pemerintah dalam hal kemandirian industri pertahanan, serta kebijakan strategis untuk menjaga kedaulatan negara.

Baca Juga : Survei Terbaru LSI Network untuk Pilkada Bone 2024, Popularitas dan Elektabilitas Yasir Machmud Tertinggi

Sementara itu, Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Ivan Gatot Prijanto menyampaikan bahwa kapal yang dikomandoi oleh Komandan KRI Marlin-877, Mayor Laut Nugroho Adyanto Wicaksono itu memiliki spesifikasi teknis, yakni memiliki panjang 62,40 meter, lebar 8 meter, tinggi 2,3 meter, dan beratnya 520 ton.

Adapun makna dari kata Marlin berasal dari bahasa Yunani yang bermakna bahwa ikan marlin memiliki moncong yang digunakan sebagai senjata mematikan bagi mangsanya. Dan dijuluki sebagai perenang laut yang cepat.

Ikan ini juga memiliki kemampuan meloncat ke permukaan air yang mencapai hingga 20 meter tingginya.

Baca Juga : Awasi Mutarlih, Ketua Bawaslu Sulsel Beri Penguatan Jajaran Adhock di Pinrang

Kemajuan teknologi ini merupakan salah satu pertimbangan dalam pemilihan nama sehingga diharapkan dapat berfungsi sebagai kapal patroli dalam situasi dan kondisi apapun kedepannya.

“Harapan kita bersama dengan keberadaan dapat memperkuat Alutsista dalam menjaga wilayah kerja Lantamal VI kedepannya. Terima kasih atas dukungan dan sambutan semua pihak,” pungkasnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646