0%
logo header
Minggu, 28 Januari 2024 09:03

Persiapan Penilaian Adipura 2023, Pj Sekda Makassar Pimpin Bersih-Bersih TPA Antang

Rizal
Editor : Rizal
Pj Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra mengunjungi lokasi TPA Antang di Tamangapa, Kecamatan Manggala, Makassar, Sabtu (27/1/2024). (Foto: Istimewa)
Pj Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra mengunjungi lokasi TPA Antang di Tamangapa, Kecamatan Manggala, Makassar, Sabtu (27/1/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Penjabat (Pj) Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra mengunjungi lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang, Tamangapa, Kecamatan Manggala, Makassar, Sabtu (27/1/2024).

Kunjungan ini untuk meninjau langsung persiapan dan kondisi terkini TPA Antang menyambut tim verifikasi penilaian Adipura yang akan tiba di Kota Makassar pada 29 Januari mendatang. Firman Pagarra sekaligus memimpin langsung aksi bersih-bersih bersama OPD terkait di TPA Antang.

“Saat ini saya atas nama Pemerintah Kota Makassar melakukan kunjungan lokasi TPA Antang ini salah satu rangkaian persiapan kunjungan tim penilaian Adipura. Kita juga melakukan bersih-bersih di area TPA Antang,” ucapnya.

Baca Juga : Cikal Bakal Generasi Emas 2045, Ketua DPRD Sulsel Motivasi Siswa SMA Metro School

Tak hanya mengunjungi lokasi pusat persampahan di Kota Makassar, tapi Firman Pagarra juga meninjau langsung kolam Lindi dimana cairan yang merembes dari tumpukan sampah dikelola dengan proses pelarutan dan pembusukan.

Nampak, kolam Lindi TPA Antang yang memiliki luas 500 meter ini aman dan jauh dari tumpukan sampah walaupun sedang musim penghujan.

Namun, kata Firman Pagarra, menurut laporan dari kepala DLH, ada beberapa hal yang perlu dibenahi seperti pipa-pipa dan akses ke tempat pembuangan sampah agar tidak terjadi penumpukan.

Baca Juga : Rakorsus Pemkot Makassar Hadirkan Enam Pembicara dari Lima Negara, Bahas Soal Low Carbon City

“Tahun lalu itu kan tertumpuk sampah karena musim penghujan. Tapi berkat kerja keras DLH akhirnya saya melihat kolam Lindi ini lebih baik dan aman dari tumpukan sampah,” ungkap Firman Pagarra.

Ia juga menekankan agar tetap melakukan koordinasi dan fokus pada pembenahan titik-titik vital yang akan dinilai oleh Tim Verifikasi Adipura.

Dirinya pun yakin 100 persen jika Kota Makassar dapat kembali meraih piala Adipura tahun 2023 dengan catatan seluruh OPD bisa melakukan kerja keras dan kerja cerdas.

Baca Juga : HUT POM AL ke-78, Danny Pomanto Ikut Fun Bike Sejauh 8 Kilometer

“Kita gencar dan harus aktif karena terakhir kita raih piala Adipura itu di periode pertama Pak Wali Kota Danny Pomanto. Kami optimis di periode kedua masa jabatannya kita akan raih kembali dengan kerja keras teman-teman OPD,” demikian Firman Pagarra. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646