0%
logo header
Senin, 17 Juni 2024 14:22

Pesan Bupati Kukar untuk Umat Islam: Jadikan Idul Adha Moment Memperkuat Persaudaraan

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Bupati Kukar Edi Damansyah, melakukan foto bersama usai melaksanakan Salat Idul Adha 1445 Hijriah, Senin (17/06/2024). (Istimewa)
Bupati Kukar Edi Damansyah, melakukan foto bersama usai melaksanakan Salat Idul Adha 1445 Hijriah, Senin (17/06/2024). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Momen Idul Adha 1445 Hijriah dimanfaatkan oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah untuk mengajak umat Islam di daerahnya memperkuat persaudaraan. Hal ini disampaikannya saat melaksanakan Salat Id di Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Tenggarong, Senin (17/06/2024).

“Pesan persaudaraan sesama Muslim ini harus disampaikan secara berantai di momentum Idul Adha 1445 H. Apalagi, dia datang menghampiri di tahun 2024 yang beriringan dengan tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) secara serentak,” ujar Edi Damansyah.

Edi menyadari bahwa Pilkada dapat menimbulkan perbedaan pendapat dan pilihan politik. Namun, ia menegaskan bahwa prinsip Ukhuwah Islamiyah harus tetap dijaga sebagai pemersatu umat.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

“Di banyak tempat, pilihan figur pemimpin umat Islam boleh saja berbeda-beda. Namun hendaknya, kita tetap berpedoman pada perintah Allah untuk menguatkan ikatan tali persaudaraan Islam dan tidak bercerai-berai (Wa’tashimu Bi Hablillahi Jamian Wa La Tafarraqu),” tegasnya.

Edi mencontohkan persatuan umat Islam dalam ibadah Haji, di mana jutaan manusia dari berbagai latar belakang dapat disatukan melalui satu perintah dalam rangkaian suci ibadah Haji.

“Kekuatan ibadah haji membuat jutaan manusia dari berbagai latar belakang ras, etnis, suku, bangsa, serta bahasa yang berbeda dapat disatukan melalui satu perintah dalam rangkaian suci ibadah Haji,” jelasnya.

Baca Juga : Kukar Jadi Tujuan Kunjungan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat Dua

Ia berharap persatuan dan kesatuan umat Islam yang terlihat dalam ibadah Haji dapat menjadi contoh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Ibadah Haji mampu menyatukan umat Islam dari berbagai belahan benua. Tidak terkira bahwa manusia dari ras mongoloid maupun kaukasoid, dapat menyatu bersama ras negroid dalam satu ikatan Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan Islam),” ungkapnya.

Selain pesan persaudaraan, Edi juga menyampaikan informasi terkait jumlah hewan kurban dan penerimanya.

Baca Juga : Bupati Kukar Resmikan Jembatan Desa Sedulang, Muluskan Akses Masyarakat dan Tingkatkan Kesejahteraan

“Untuk kegiatan qurban telah terkumpul sebanyak 19 ekor Sapi dan 5 ekor Kambing,” terangnya.

Hewan kurban tersebut akan dipotong dalam waktu paling lama 3 hari dan dibagikan kepada masyarakat yang berhak.

“Penerima Sudah diinventarisir dan dibagikan paling lambat hari Kamis (tidak melewati hari Tasrik),” jelasnya.

Baca Juga : Sekretaris Daerah Kukar Sunggono Apresiasi MTQ OPD Pertama Kalinya

Total kupon yang telah diberikan kepada yang berhak sebanyak kurang lebih 2.000 lembar.

Diakhir sambutannya, Edi kembali mengingatkan agar umat Islam memperkuat persaudaraan dan tidak mudah terpecah belah. (ADV/Prokom Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646