0%
logo header
Jumat, 10 Mei 2024 13:35

Pj Gubernur Papua Selatan Pastikan Kebutuhan Korban Banjir di Elikobel Merauke Terpenuhi

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Jalan Trans Papua di Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke terdampak banjir. (Foto: Humas Pemprov PPS)
Jalan Trans Papua di Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke terdampak banjir. (Foto: Humas Pemprov PPS)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Penjabat (Pj) Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo memastikan kebutuhan warga terdampak banjir di Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke terpenuhi.

Informasi yang berhasil dihimpun, Pj. Gubernur Apolo Safanpo bersama rombongan turun langsung meninjau lokasi banjir di Elikobel, Kamis (09/05/2024), menempuh jalur darat dari kota Merauke yang berjarak kurang lebih 150 km.

Setibanya di lokasi banjir, Pj. Gubernur Apolo Safanpo meninjau 8 titik di Distrik Elikobel yang terdampak banjir. Dari delapan titik itu, 7 titik diantaranya masih dapat ditempuh kendaraan darat. Namun, pada titik yang ke-8 kendaraan darat tidak bisa menjangkaunya sama sekali karena genangan air setinggi dada orang dewasa.

Baca Juga : Lepas Jemaah Calon Haji Merauke, Bupati Romanus: Jaga Kesehatan di Tanah Suci

Pj Gubernur Apolo Safanpo dan unsur Forkopimda Papua Selatan beserta rombongan terpaksa harus menggunakan perahu karet, menyusuri genangan air setinggi dada itu, akibat luapan sungai Kali Maro lantaran tingginya curah hujan dalam sepekan terakhir.

Usai peninjauan ke 8 titik terdampak, Pj Gubernur Papua Selatan bersama Forkopimda mendatangi Pos Bim Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 726/TML dan Koramil Elikobel sebagai posko penampungan dan menemui korban banjir, kemudian menyerahkan bantuan bahan makanan (bama) dan obat-obatan.

“Sesuai ucapan saya saat rapat bahwa saya akan hadir langsung, membawa bantuan dan memberikan dukungan bagi korban terdampak yang sudah tertahan hampir sepekan di Jalan Trans Papua Distrik Elikobel,” kata Apolo Safanpo kepada awak media.

Baca Juga : Lantik 66 Pandis, Ketua Bawaslu Merauke: Pengawas Pemilu Harus Bekerja Jujur

“Kami datang untuk memastikan kebutuhan makanan dan obat-obatan bagi warga korban banjir terpenuhi. Kami  harap warga korban banjir selalu sehat, karena pemerintah selalu untuk memberi dukungan,” sambungnya.

Selain peninjauan lokasi banjir dan penyerahan bantuan bagi korban, Pj. Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo juga melakukan pemantauan infrastruktur jalan nasional, jalur penghubung Kabupaten Merauke dan Boven Digoel. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646