0%
logo header
Sabtu, 04 Mei 2024 10:19

Pj Gubernur Sulsel Kunjungi Titik Banjir Terparah di Luwu

Asril Astian
Editor : Asril Astian
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, saat mengunjungi langsung korban banjir bandang di Kecamatan Suli Kabupaten Luwu, Sabtu Dini Hari (04/05/2024). (Istimewa)
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, saat mengunjungi langsung korban banjir bandang di Kecamatan Suli Kabupaten Luwu, Sabtu Dini Hari (04/05/2024). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, LUWU — Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, mengunjungi langsung Kabupaten Luwu, Jumat (04/05/2024), yang terkena bencana banjir dan tanah longsor. Didampingi Pj Bupati Luwu, Muhammad Saleh, Bahtiar tiba di Kecamatan Suli, Sabtu, dini hari tadi, sekitar pukul 01.50 WITA.

Kecamatan Suli merupakan merupakan salah satu daerah yang terdampak banjir terparah di Luwu. Kedatangan Bahtiar untuk membawa bantuan dan dukungan moral bagi para korban.

Bahtiar mengunjungi dua posko pengungsian yang berlokasi di masjid dan satu dapur umum. Di kecamatan ini, 12 desa dan 1 kelurahan merasakan dampak langsung dari bencana.

Baca Juga : Mentan Amran Serahkan Bantuan Pertanian Senilai Rp 410 Miliar di Sulsel

Desa Cimpu Utara menjadi saksi bisu ketangguhan warganya. Masjid yang sementara dibangun kini menjadi tempat perlindungan bagi 30 orang, termasuk anak-anak dan balita.

Pertanyaan sederhana “Sudah miki makan?” dari Bahtiar Baharuddin menjadi pembuka interaksi yang penuh empati.

“Kami datang untuk memastikan kebutahan ta terpenuhi dan sehat, yang penting sehat ki dulu,” ucapnya kepada warga.

Baca Juga : Perkuat Gerakan Nasional Percepatan Penanganan Stunting di Sulsel, Berikut Langkah Prof Zudan

Kisah-kisah warga yang terdampak banjir pun terungkap satu per satu. Nur, menceritakan bagaimana rumahnya roboh dan ia harus menyelamatkan diri melalui jendela.

“Biasa banjir di sini, tapi tidak separah ini, rumah saya roboh, saya keluar lewat jendela dan minta tolong,” ucap Nur.

Pengungsi lainnya, Munarti menceritakan bagaimana barang-barangnya terbawa arus. “Barang-barang terbawa air semua, astagafirullah” tambah Munarti dengan mata yang berkaca-kaca.

Baca Juga : Apel Pagi Virtual Pertama Dilaksanakan di Pemprov Sulsel, Ini Pesan Prof Zudan

Imran, warga lainnya mengungkapkan kondisi alerginya terhadap dingin kepada Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ishaq Iskandar yang mendampingi Bahtiar. Sejumlah Kepala OPD juga turut hadir.

Dalam kunjungan ini, Bahtiar menyerahkan bantuan logistik kepada Pemkab Luwu dan berinteraksi langsung dengan warga, termasuk bagi mereka yang mengungsi di masjid Desa Cimpu Utara. Kunjungan ke dapur umum untuk memastikan kebutuhan makan warga terpenuhi.

Camat Suli, Agus Salim, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan Bahtiar yang memberikan semangat baru dan bantuan bagi warga.

Baca Juga : Support Perayaan Waisak Umat Budha di Sulsel, Prof Zudan: Kolaborasi Perkuat Kerohanian

“Semoga ini mempercepat pemulihan dan memberikan semangat ke warga,” ucapnya dengan penuh harapan. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646