0%
logo header
Sabtu, 24 Februari 2024 15:35

Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali Harap Pawai Budaya Digelar Secara Rutin

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali Harap Pawai Budaya Digelar Secara Rutin

PAREPARE – Pemerintah Kota Parepare menggelar kegiatan pekan budaya dalam rangka peringatan HUT Kota Parepare ke 64.

Kegiatan berlangsung di Lapangan Andi Makkasau Parepare, dan diikuti peserta dari seluruh tingkat sekolah, SD, SMP dan SMA. (24/2/2024).

Penjabat Walikota Parepare, Dr Akbar Ali dalam sambutannya mengatakan, pawai budaya merupakan hal yang biasa dilakukan sejak dulu setiap acara perayaan. Menurut Akbar Ali, pawai budaya perlu dilestarikan sebagai bagian dari rasa cinta terhadap budaya.

Baca Juga : Proses Coklit Selesai 100 Persen, KPU Parepare Tegaskan Rampung Sesuai Prosedur

Masyarakat Sulawesi Selatan, kata Akbar Ali, didiami suku-suku besar seperti Bugis, Makassar, Mandar, Luwu, dan Toraja yang memiliki adat dan budayanya masing-masing.

“Ada 1300 suku di Indonesia dan beberapa suku besar diantaranya ada di Sulsel. Setiap suku itu pada kegiatan acara perayaan menampilkan tarian budaya khas masing-masing, seperti, ma’llongga, ma’ccengke, ma’ggasing, ma’puntung yang menjadi hiburan rakyat pada jamannya. Kita harus lestarikan budaya kita,” ujarnya.

Akbar Ali pada kesempatan itu menyampaikan agar pelestarian budaya daerah Sulsel dilakukan di setiap momen, khususnya pada kegiatan perayaan HUT Daerah.

Baca Juga : AHY Berikan Restu, Erat Bersalam Siap Bertarung di Pilwalkot Parepare 2024

“Mudah-mudahan kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh pemerintah Kota pada setiap perayaan HUT Daerah,” harap Akbar.

Sembari mengakhiri sambutannya dan membuka kegiatan pekan budaya,
Akbar Ali juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta didik, SD, SMP dan SMA yang hadir menyemarakkan carnaval budaya tersebut.

“Pekan budaya dalam rangka HUT Kota Parepare ke 64 secara resmi dimulai,” ujarnya.

Baca Juga : Arief Rosyid: Saatnya Generasi Muda Memimpin Parepare

“Anak-anakku yang hadir saat ini, semoga kalian menjadi matahari penerang dikemudian hari seperti cerahnya matahari yang bersinar pada hari ini,” imbuh Akbar.

Hadi pada kegiatan tersebut, penjabat Walikota Parepare didampingi Wakil Ketua I DPRD, Tasming Hamid, Danbrigif 11 Badik Sakti, DanDenpom, para Asisten serta sejumlah pimpinan OPD Kota Parepare dan lembaga vertikal. (Adv)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646