0%
logo header
Kamis, 30 November 2023 22:20

PKM di Gowa, Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Unismuh Sosialisasikan Pengelolaan Pemakaman PDM Muhammadiyah

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Ket : Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Muhammadiyah Makassar saat melakukan sosialisasi (istimewa)
Ket : Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Muhammadiyah Makassar saat melakukan sosialisasi (istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA – Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Muhammadiyah Makassar, melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Pattalassang, Kabupaten Gowa. (30/11/2023).

Kegiatan ini berupa sosialisasi Sistem Pengelolaan Pemakaman PDM Muhammadiyah, yang berupa pembuatan buku saku yang berisi tentang aturan-aturan pengguna pemakaman serta pemetaan pemakaman Muhammadiyah dengan luas 1,5 hektar.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya pengabdian dan sosialiasasi yang dilaksanakan oleh Prodi PWK Unismuh, sehingga sistem kelola Pemakaman PDM Muhammadiyah ini nantinya sesuai dengan pedoman kemuhammadiyahan,” terang Ustadz Subani.

Baca Juga : Lewat Apresiasi Duta Genre, Dinas PPKB Gowa Siapkan Wadah Adu Gagasan

Subani mengatakan, pada kegiatan sosialisasi tersebut, prodi PWK Unismuh juga memberikan informasi kepada Pengurus Cabang Muhammadiyah yang hadir, bahwa pemetaan yang telah dibuat sesuai pedoman pengelolaan dan pemanfaatan Pemakaman PDM Makassar.

“Dengan ukuran 200 cm x 80 cm untuk pemakaman dewasa, dan 150 cm x 80 Cm untuk pemakaman anak serta kedalaman liang lahat makam minimal 150 Cm dari permukaan tanah. Kemudian jarak pemakaman 60 cm ke samping dan 100 cm ke bawah makam,” kata dia.

Diakhir sosialisasi, salah satu dosen Prodi PWK Unismuh, Lucke Ayurindra berharap kegiatan tersebit dapat menjadi awal yang baik dalam pengelolaan pemakaman PDM Muhammadiyah, sehingga masyarakat yang ingin menggunakan pemakaman tersebut untuk keluarga yang telah berpulang bisa mematuhi aturan dan pedoman yang telah disepakati bersama. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646