0%
logo header
Selasa, 04 Juni 2024 12:08

PLN Libatkan Polda Sultra Rumuskan PKT Pengamanan Aset Milik Negara

Chaerani
Editor : Chaerani
PT PLN terus menjalin sinergi yang baik dengan Polda Sulawesi Tenggara dalam hal pengamanan asset negara hingga objek vital nasional. (Dok. Humas PLN UIP Sulawesi)
PT PLN terus menjalin sinergi yang baik dengan Polda Sulawesi Tenggara dalam hal pengamanan asset negara hingga objek vital nasional. (Dok. Humas PLN UIP Sulawesi)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KENDARI — PT PLN terus menjalin sinergi yang baik dengan Polda Sulawesi Tenggara dalam hal pengamanan asset negara hingga objek vital nasional.

Keterlibatan aparat kepolisian tentunya bertanggung jawab dalam memelihara keamanan serta ketertiban masyarakat, menegakkan hukum dan memberikan perlindungan, pengayoman juga pelayanan kepada masyarakat guna menjaga keamanan dalam negeri.

Dalam upaya pengamanan aset dilakukan penyusunan naskah perpanjangan Pedoman Kerja Teknis (PKT) antara Kapolda Sulawesi Tenggara dengan PT PLN di Kendari, Sulawesi Tenggara pada Mei 2024 lalu.

Baca Juga : KPU Sulsel Gagas KKN Tematik bersama Unhas

Acara dibuka oleh Komisaris Besar Polisi Tumpal Damayanus selaku Kepala Biro Operasi POLDA Sultra serta dihadiri oleh Manager PLN Unit Pelaksana Transmisi Kendari (MUPT) Emmy Muflihatun Asani, Manager PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Tenggara (MUPP) Ronny Aprisaputra, Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan PLN (MUP3) Kendari Munawir Liling , Manager Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan (MUPDK) Furqon, dan Komisaris Besar Polisi Andi Herman, S.I.K selaku Direktur Pengamanan Objek Vital Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara.

“Kami senantiasa memberikan dukungan, berkolaborasi, dan mendampingi PLN khususnya dalam hal pengamanan aset negara yang di dalamnya, juga termasuk pengamanan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan untuk mengantisipasi segala bentuk gangguan terhadap keamanan,” kata Komisaris Besar Polisi Andi Herman, dalam pertemuan, kemarin.

Andi Herman yang juga Direktur Pengamanan Objek Vital Polda Sultra mengungkapkan, upaya ini juga menjaga ketertiban di sekitar pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang dilakukan PLN.

Baca Juga : Ketua DPRD Sulsel Fasilitasi Petani Milenial Barru Diskusi Penerapan Smart Farming

“Kami akan bersinergi karena ini semua telah menjadi tanggung jawab Polda Sultra untuk mengamankan objek vital nasional,” tuturnya.

Sementara, Manager PLN UPP Sultra Ronny Aprisaputra menjelaskan, maksud kegiatan ini untuk memperpanjang Pedoman Kerja Teknis (PKT) antara Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara dengan PLN Holding dan PLN Nusantara Power (Sub Holding PLN) dalam hal pengamanan instalasi dan aset, pelaksanaan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.

Selain itu, pelayanan dan penyediaan tenaga listrik serta pemanfaatan dan pengelolaan ketenagalistrikan di lingkungan kerja PT PLN (Persero) dalam wilayah hukum Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara.

Baca Juga : 40 Menit Terjual 1.000 Unit, Konsumen NMAX Generasi Terbaru Berburu Beli Online di Marketplace

“PLN senantiasa bekerja sama dengan pihak Polda Sultra dalam melindungi aset negara yang melingkupi seluruh aset perusahaan berupa barang bergerak maupun tidak bergerak yang merupakan objek vital nasional,” terangnya.

Ia menambahkan, aset PLN yang dimaksud di antaranya sumber daya manusia, bangunan, tanah, peralatan dan instalasi ketenagalistrikan.

“Sebelumnya PLN dan Polda Sultra telah melakukan Perjanjian Kerja Sama setiap periode lima tahun dan mengingat pada 2024 perjanjian tersebut akan berakhir sehingga perlu untuk dilakukan perpanjangan PKT untuk periode lima tahun kedepan,” ungkap Ronny.

Baca Juga : Total 14 Ekor, Huadi Group Distribusi Sapi Kurban untuk Warga Bantaeng

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada pihak Polda Sultra atas bantuan dan dukungannya selama ini. Sehingga semua kegiatan operasional PLN dapat berjalan dengan baik, lancar, dan sesuai dengan prosedur atau aturan yang berlaku.

“Semoga dengan adanya perpanjangan perjanjian ini dapat lebih mempererat hubungan baik dan meningkatkan sinergi antara PLN dan Polda Sultra dalam pengamanan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang nantinya akan menjadi aset bagi negara,” terangnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646