0%
logo header
Kamis, 19 Mei 2022 19:14

Polisi Tangkap 5 Pelaku Curanmor Modus Drama, Sita Belasan Motor

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Pasma Royce didampingi Kasat Reskrim AKBP Joko Dwi Harsono, Kapolsek Kalideres AKP Syafri Wasdar dan Kasi Humas Kompol Moch Taufik menunjukan barang bukti kejahatan hasil penipuan curanmor dengan modus drama di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (19/05/2022). (Ist)
Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Pasma Royce didampingi Kasat Reskrim AKBP Joko Dwi Harsono, Kapolsek Kalideres AKP Syafri Wasdar dan Kasi Humas Kompol Moch Taufik menunjukan barang bukti kejahatan hasil penipuan curanmor dengan modus drama di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (19/05/2022). (Ist)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAKARTA — Polisi mengamankan 5 orang pelaku yang terlibat dalam kasus penipuan sepeda motor dengan target sasaran anak dibawah umur.

Kelima pelaku masing-masing berinisial ER, DS, STR, PF dan MR. Mereka diringkus di tempat berbeda.

Palaku ER dan DS merupakan eksekutor dan STR, PF, dan MR berstatus sebagai penadah.

Baca Juga : 80 Personel Polres Metro Jakbar Berprestasi Dapat Reward Dari Kapolres

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Pasma Royce mengaku penipuan sepeda motor dengan modus membawa kabur kendaraan bermotor yang sedang di kendarai oleh para korbannya.

“Pelaku beraksi dengan mencari sasaran anak dibawah umur yang sedang mengendarai sepeda motor,” ujar Royce dalam press conference di Mapolres Metro Jakarta Barat, Kamis, (19/5/2022).

Royce menjelaskan, para pelaku beraksi dengan mencari sasaran para anak-anak kemudian dipepet oleh kendaraan pelaku lalu memberhentikannya.

Baca Juga : Polisi Selidiki Pencurian Rumah Kosong di Jakarta Barat, Kerugian Ditaksir Rp 400 Juta

Saat berhenti pelaku ini berpura-pura dengan menuduh korban telah bertengkar dengan adik perempuan pelaku.

Agar korban percaya salah satu pelaku mengajak korban untuk bertemu dengan adik perempuan
pelaku.

Pelaku membawa 2 orang korban dibonceng kurang lebih 1 kilometer lalu diturunkan dipinggir jalan, lalu pelaku kembali ke lokasi kejadian dengan pinjam kunci dan motor korban dengan alasan akan menjemput 2 orang teman korban yang diturunkan dijalan.

Baca Juga : Begini Cara Kapolres Metro Jakarta Barat Dekatkan Tokoh Agama Dengan Polisi

“Setelah korban berhasil diperdayai oleh pelaku selanjutnya kedua pelaku kabur membawa sepeda motor korban,” ucap Royce.

Lebih lanjut ia mengatakan, para pelaku melancarkan aksinya dengan menggunakan modus seperti itu telah berhasil membawa kabur sejumlah kendaraan milik para korban.

“Pelaku sudah beraksi sebanyak 15 kali dalam setahun terakhir, dan beraksi di sekitar wilayah jakarta,” kata Royce.

Baca Juga : Begini Upaya Kapolres Metro Jakarta Barat Antisipasi Kenakalan Remaja

Sebanyak 14 sepeda motor dengan berbagai merek berhasil diamankan, selain itu kami juga menyita 14 (Empat Belas) pasang Plat nomor palsu, 56 (Lima Puluh Enam) STNK Palsu sepeda motor berbagai merk, Uang tunai sebesar Rp.200.000.-(dua ratus ribu rupiah) berikut perhiasan emas.

Kapolres Metro Jakarta Barat menghimbau kepada masyarakat agar lebih bijaksana dalam memberikan kendaraan kepada anaknya yang terlebih masih dibawah umur.

“Selain belum memenuhi persyaratan dalam mengendarai sepeda motor tentu juga dapat menimbulkan kerawanan aksi kejahatan,” tutup Royce.

Penulis : Wahyu Widodo
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646