0%
logo header
Kamis, 06 April 2023 23:02

PT Vale serah Terima Renovasi PKM Bahomotefe ke Pemda Morowali

Serah Terima Renovasi Hibah PKM Bahomotefe oleh PT Vale kepada Bupati Morowali, Taslim. (Istimewa)
Serah Terima Renovasi Hibah PKM Bahomotefe oleh PT Vale kepada Bupati Morowali, Taslim. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MOROWALI — Bidang Kesehatan merupakan salah satu prioritas PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale). Hal itu diwujudkan lewat pelaksanaan program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di semua wilayah kerjanya, termasuk di Site Morowali, Sulawesi Tengah.

Terbaru, PT Vale melaksanakan kegiatan Serah Terima Renovasi Hibah Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM) Bahomotefe kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Morowali yang ditandai dengan penandatanganan Serah Terima Berita Acara dan Prasasti, Selasa (21/03/2023), di Bahomotefe, Bungku Timur, Morowali, Sulteng.

Serah terima dilakukan langsung oleh Project Director Indonesia Growth Project (IGP) Site Morowali, Topan Prasetyo kepada Bupati Morowali Taslim yang disaksikan oleh Wakil Bupati Najamudin.

Baca Juga : Keluarkan Rekomendasi, Telapak Tegaskan Tak Ada Pelanggaran HAM di Kawasan Konsesi Blok Tanamalia PT VI

Turut hadir pula Kepala Dinas Kesehatan Morowali Ashar M Maruf, jajaran Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala PKM Bahomotefe Hartia, Camat Bungku Timur, jajaran Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua PKK, serta para leader PT Vale.

Atas komitmen PT Vale dalam mewujudkan program CSRnya di Morowali, Bupati Taslim menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya. Apalagi, bantuan CSR yang diterima menyangkut salah satu kebutuhan mendasar masyarakat yakni layanan kesehatan.
“Terima kasih kepada PT Vale yang sudah memberikan perhatian kepada kecamatan (Bungku Timur) sehingga memggelontorkan biaya sangat besar untuk memperbaiki Puskesmas,” ungkap Bupati.

Dia menilai, PKM Bahomotefe kini menjadi salah satu yang terbaik usai renovasi, terlebih didukung oleh tenaga kesehatan yang mencapai lebih dari 80 orang.

Baca Juga : Morowali Raih Penghargaan Adipura Pertama Kali : Prestasi Lingkungan dan Industri Terpadu

“Fasilitas yang baik ini, tenaga yang banyak, kalau tidak didukung dengan komitmen yang baik, harapan kita tidak bisa terwujud. Semoga bisa menjaga dan merawat fasilitas yang ada agar pasien tetap bisa mendapatkan pelayanan yang terbaik,” jelas Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati Taslim menyampaikan jika kehadiran PT Vale di Morowali yang diharapkan menjadi contoh bagi perusahaan lain, baik dari sisi implementasi program Corporate Social Responcibility (CSR) maupun dalam pertambangan berkelanjutan.

“Mudah-mudahan eksisnya PT Vale bisa menjadi contoh dan indikator bagi perusahaan lain dan pemerintah, baik dalam penerapan CSR maupun bagaimana menambang yang baik,” ungkapnya.

Baca Juga : PSM Makassar dan PT Vale Resmi Jalin Kerjasama

Sementara itu, Project Director PT Vale IGP Site Morowali Topan Prasetyo memaparkan, renovasi puskesmas Bahomotefe adalah salah satu kontribusi dan dukungan sarana pendukung kesehatan yang dihadirkan melalui Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM)  PT Vale bidang kesehatan, dimana aspek kesehatan menjadi salah satu prioritas perseroan. 

Topan Prasetyo menuturkan, khusus untuk alokasi renovasi Puskesmas Bahomotefe alokasi anggarannya mencapi Rp4,2 miliar dengan pembiayaan meliputi pekerjaan sipil, yakni  renovasi gedung, konstruksi fasilitas toilet baru dimana tiap ruang perawatan sudah dilengkapi toilet, pembuatan pagar pkm, pekerjaan electrical, pekerjaan mekanikal, dan pekerjaan arsitek.

“Besar harapan kami, fungsi Puskesmas Bahomotefe sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat semakin meningkat dan semakin kuat bagi Morowali, utamanya di wilayah kerjanya yang juga masuk dalam area Pemberdaayaan PT Vale Indonesia.Tentunya, kesehatan yang baik akan semakin membawa kita menuju kesejahteraan, bersama,” paparnya.

Baca Juga : Komitmen Pada Pendidikan, PT Vale Serahkan RKB Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Desa Kolono

Topan Prasetyo menuturkan, dukungan PT Vale di bidang kesehatan juga menjadi bagian dari komitmen untuk memenuhi aspek ESG. E adalah environment atau lingkungan, S – sosial, dan G – governance, atau tata kelola. Aspek ESG ini akan selalu ada pada operasi kami, di manapun kami berada, termasuk di Kabupaten Morowali.

Tak hanya di bidang kesehatan, program PPM PT Vale juga melingkupi dukungan untuk para petani, pendidikan Vokasional, keagamaan, pelestarian budaya, infrastruktur desa, dan peningkatan kapasitas perangkat desa maupun aparat desa.

“Saya mewakili manajemen dan keluarga besar PT Vale, menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Bapak Bupati, Bapak Wakil Bupati, Bapak/Ibu Forkopimda, Para Kepala Dinas, Camat, Kepala Desa, Ibu PKK dan para pemangku kepentingan, yang telah berjalan bersama untuk inisiatif kebaikan yang kami gelontorkan.Terima kasih juga secara khusus, kepada Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Puskesmas, para tenaga kesehatan, rekan-rekan kontraktor dan karyawan PT Vale yang telah bekerja keras dengan ikhlas dan tulus selama proses renovasi Puskesmas Bahomotefe berlangsung,”tuturnya.

Baca Juga : Komitmen Pada Pendidikan, PT Vale Serahkan RKB Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Desa Kolono

Sebelumnya, Kepala Puskesmas Bahomotefe Hartia juga menyampaikan, jika andil PT Vale sangat besar dalam mengubah fasilitas layanan Puskesmas yang dipimpinnya. Dahulu, jika hujan kondisi Puskesmas sangat memprihatinkan. Kini, setelah dibantu PT Vale semuanya menjadi semakin baik.

“Puskesmas ini dulunya sangat memprihatikan. Kalau hujan banjir di dalam ruangan, hingga menghambat pelayanan. Renovasi ini diluar ekspektasi, dan sangat membantu pelayanan kesehatan ke masyarakat,” ungkap Hartia, disela-sela media visit PT Vale medio, Februari 2023.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646