0%
logo header
Sabtu, 11 November 2023 11:36

Ramadhani Desak Disdikbud Kutim Percepat Pembangunan Gedung SD Terbakar di Kongbeng

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Kondisi Bangunan Sekolah SD 001 Kecamatan Kongbeng usai terbakar beberapa waktu lalu. (Istimewa)
Kondisi Bangunan Sekolah SD 001 Kecamatan Kongbeng usai terbakar beberapa waktu lalu. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI TIMUR — Murid SD 001 Kecamatan Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, saat ini terpaksa belajar di ruang sempit rumah guru setelah gedung sekolah mereka hangus terbakar sebulan yang lalu. Kejadian pada 4 Oktober 2022 mengakibatkan 7 kelas, 1 toilet, dan fasilitas lainnya hancur menjadi abu, dengan kerugian diperkirakan mencapai Rp 500 juta.

Anggota Komisi D DPRD Kutim, Ramadhani, menyampaikan keprihatinannya dan mendesak pemerintah daerah, khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim, untuk mempercepat pembangunan ruangan kelas yang baru.

“Bangunan itu harus segera dibangun kembali, dan kita perlu percepatan dalam proses pembangunannya,” ujar Ramadhani kepada awak media.

Baca Juga : PT BMA Diduga Tanam Sawit di Luar HGU, DPRD Kutim Rencanakan Panggil Semua Pihak Terkait

Ramadhani mengajukan agar Disdikbud Kutim menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024 untuk memperbaiki dan membangun kembali gedung sekolah. Menurutnya, ini menjadi peluang yang realistis mengingat saat ini tidak mungkin mengajukan usulan pembangunan.

“2024 adalah peluang yang ada, dan saya yakin Disdikbud Kutim telah merencanakannya,” tambahnya.

Dia berharap pembangunan gedung sekolah baru menjadi prioritas utama pemerintah daerah dalam anggaran mendatang, memperhatikan kebutuhan mendesak anak-anak yang terdampak.

Baca Juga : Agusriansyah Apresiasi Pemkab Kutim Lakukan Peningkatan Jalan Desa di Kecamatan Sandaran

Langkah ini juga sejalan dengan arahan Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman, yang mendorong percepatan pengembalian gedung sekolah yang terbakar untuk meminimalkan gangguan terhadap proses belajar mengajar.

“Perlu dilakukan dengan segera, anak-anak SD 001 Kongbeng yang belajar di rumah-rumah dinas guru harus segera mendapatkan fasilitas belajar yang layak,” tegasnya. (ADV)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646