REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Event kuliner bertajuk Makassar Culinary Night (MCN) di tahun ini telah memasuki sepuluh tahun perayaannya. Sehingga, dalam pelaksanaannya kali ini akan dibuat dengan konsep lebih spesial dan berbeda.
Dalam perayaan Makassar Culinary Night 1 Dekade pada 25 hingga 27 April 2025 mendatang di Monumen Mandala Makassar akan mengangkat tema “Rasa Rumah – 10 Tahun 10 Cerita”. Tujuan tema tersebut untuk mengajak kembali para pengunjung dalam mengulang dan mengingat cerita-cerita dan pengalaman apa saja yang pernah di rasakan tentang event tersebut.
“Kami ingin menjadikan perayaan MNC di 10 tahun yang menjadi tempat berkumpul, beristirahat, dan menikmati pengalaman kuliner yang lezat khas lokal di Makassar,” terang Founder Makassar Culinary Night, Mistriani F.A. Muin, di sela-sela Prescon MCN, di Trans Studio Mall (TSM) Makassar, Rabu, (23/04/2025).
Baca Juga : Pemkab dan Polres Gowa Amankan 20 Truk Tambang Lebihi Muatan
Hal spesial lainnya dimana pada MCN tahun ini akan diramaikan dengan 90 tenant kuliner dari sebelumnya hanya sekitar 80 tenant. Brand kuliner ini pun berhasil terpilih dari ratusan brand lainnya, sebab menawarkan sajian kuliner terbaiknya.
“Di tahun ini kami juga akan menghadirkan tenant F&B terbesar di Makassar. Antara lain, Depan Rumah dan Roket,” jelansnya.
Melalui persembahan spesial dan berbeda tersebut, pihaknya berharap event tersebut mendapat respon positif oleh masyarakat melalui target kunjungan 40 ribu orang dengan transaksi Rp2 miliar.
Baca Juga : Penerima Program Sertifikasi PLN Peduli Kini Bekerja Profesional
Lanjut Mistriani, pada MCN ini juga tak ketinggalan untuk melakukan kampanye ramah lingkungan dengan mengurangi sampah plastik. Olehnya, pihaknya menghimbau semua tenant untuk berkreasi mengemas makanan dengan konsep ramah lingkungan menggunakan bahan-bahan yang dapat terurai atau didaur ulang, serta tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak lingkungan.
Selain tenant makanan, kemeriahan MCN akan lebih spesial dengan dihadirkannya berbagai aktivitas seperti personal color analysis, vision board, emotional painting, manual brew, perfume Workshop, making blush, kids activity & magic hour storytime.
“Yang paling spesial lagi yaitu kami akan meluncurkan jingle baru setelah 1 dekade diadakannya event ini, serta merilis short movie,” terangnya.
Baca Juga : Wali Kota Makassar Dorong Revisi Perda Amil Zakat untuk Kemaslahatan Umat
Sementara untuk kegiatan hiburan selama event berlangsung akan dimeriahkan dengan kedatangan musisi local seperti Voice Kids by Uya & Ati, Fandy WD, Teman Bermain, The Joeys, Dakochank, Rizcky de Keizer dan masih banyak lagi.
Sementara, Kepala Dinas Pariwisata, Mohammad Roem mengungkapkan, pihaknya menaruh apresiasi yang besar atas keberhasilan MCN hingga 1 dekade. Apalagi, saat ini MCN telah masuk menjadi salah satu dari daftar highlight Karisma Event Nusantara (KEN) dari Kementrian Pariwisata.
“Tentunya kesuksesan MCN masuk di KEN karena dukungannya mengembangkan UMKM Makassar di bidang kuliner,” ungkapnya.
Baca Juga : Ekonomi Sulsel Tumbuh 5,78 Persen, Pemprov Siapkan Langkah Antisipatif Dampak Perang Dagang Global 2.0
Ia mengaku, pemerintah daerah tentunya akan terus memberikan dukungan pada event ini sebab bersinergi dengan program pemerintah daerah.
“MCN menjadi salah satu kegiatan yang bisa memberi kontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi di Makassar melalui event kuliner,” ujar Roem.
Marketing Communication Astra Motor Sulsel, Moh. Arif Reda menjelaskan, bergabungnya Honda menjadi sponsor dalam event kuliner Makassar Culinary Night merupakan bentuk dukungan terhadap salah satu daya tarik Kota Makassar.
Baca Juga : Ekonomi Sulsel Tumbuh 5,78 Persen, Pemprov Siapkan Langkah Antisipatif Dampak Perang Dagang Global 2.0
“Makassar ini kan sebagai kota dengan kuliner yang enak di Indonesia. Makanya kami memberikan dukungan penuh pada event ini,” singkatnya.