0%
logo header
Kamis, 21 Desember 2023 20:18

Refleksi Kinerja Imigrasi Parepare 2023, PNPB Melonjak Hampir Tiga Kali Lipat dari Target

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Ket : Kegiatan Refleksi Akhir Tahun dan Capaian Kinerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare (Foto : Mulyadi Ma'ruf / Republiknews.co.id)
Ket : Kegiatan Refleksi Akhir Tahun dan Capaian Kinerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare (Foto : Mulyadi Ma'ruf / Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PAREPARE — Kinerja luar biasa dicatat oleh Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare sepanjang tahun 2023, yang berhasil melampaui target yang telah ditetapkan. Capaian terkemuka termasuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang mencapai Rp 11.2 miliar, melebihi target sebesar Rp 4.4 miliar hampir tiga kali lipat.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare, Anggoro Widjanarko, mengumumkan pencapaian ini dalam acara ‘press release’ Refleksi Akhir Tahun dan Capaian Kinerja di aula kantor mereka pada Kamis, (21/12/2023).

“Target penerimaan sebesar Rp 4.447.900.000, dan kita berhasil mencapai Penerimaan Negara Bukan Pajak sebesar Rp 11.204.160.836,” ungkap Anggoro.

Baca Juga : FKPPM Gelar Milad dan Pengukuhan, Pj Wali Kota Akbar Ali Ajak Pengurus Bersinergi dengan Pemkot Parepare

Refleksi akhir tahun dihadiri oleh Kabid Perizinan dan Informasi Keimigrasian Wilayah Sulel, Bisri, bersama sejumlah pejabat wilayah Sulsel lainnya.

Selain prestasi dalam PNBP, kinerja kantor ini tercermin dalam jumlah paspor yang diterbitkan, mencapai 25.307 paspor, termasuk 25.067 paspor 48H, 14 paspor 24H, dan 226 paspor elektronik.

Dalam bidang penegakan hukum, kinerja Imigrasi Parepare tampak nyata baik di bidang Intelijen maupun penindakan. Anggoro memaparkan, di bidang intelijen telah melaksanakan operasi mandiru sebanyak 4 kegiatan, penyelidikan 7, operasi gabungan 3, koordinasi Timpora 6, pengawasan administrasi WNA 39 kali, dan pengawasan administrasi WNI 4 kali.

Baca Juga : Yayasan BaKTI – YLP2EM Parepare Lakukan Penguatan Kelompok Konstituen, Penerimaan Aduan Hingga Partisipasi Politik

“Sementara itu, penindakan paspor hilang mencapai 554 orang, paspor rusak 108 orang, pendetensian 3 orang, deportasi 3 orang, dan pencekalan 3 orang,” tambahnya.

Imigrasi Parepare juga meraih dua penghargaan selama tahun 2023, termasuk penghargaan capaian IKPA terbaik periode semester I tahun anggaran 2023 dan predikat unit kerja pelayanan publik berbasis Hak Asasi Manusia dalam rangkaian peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-75 tahun 2023.

Meski dihadapkan pada berbagai tantangan, Anggoro menyatakan keberhasilan ini berkat kerja keras seluruh tim. Menyambut tahun 2024, Anggoro menargetkan peningkatan kinerja dengan matangan sejumlah upaya.

Baca Juga : Asosiasi Pelaku Kopi Parepare Meriahkan Dunia Kopi pada Event Sinjai Brewing Competition 2024

“Kami akan mengembangkan inovasi yang ada, meluncurkan inovasi baru, meningkatkan pelayanan paspor, memudahkan pelayanan lansia, memasifkan penyebarluasan informasi, dan menjadikan Imigrasi sebagai Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” tambahnya.

Kabid Perizinan dan Informasi Keimigrasian Wilayah Sulel, Bisri, menyampaikan apresiasi dan harapannya untuk pemertahanan serta peningkatan capaian yang luar biasa ini. “Luar biasa capaiannya, semoga bisa ditingkatkan lagi,” ujar Bisri. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646