0%
logo header
Rabu, 25 Januari 2023 08:49

Resmi Dilantik, 300 Anggota PPS Wakatobi Diharapkan Jaga Integritas

Sesi foto anggota PPS Wakatobi bersama Bupati Wakatobi H. Haliana dan para komisioner KPU Wakatobi usai Pelantikan, Selasa (24/01/2023). (Foto: Gayus Irawadi / Republiknews.co.id)
Sesi foto anggota PPS Wakatobi bersama Bupati Wakatobi H. Haliana dan para komisioner KPU Wakatobi usai Pelantikan, Selasa (24/01/2023). (Foto: Gayus Irawadi / Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, WAKATOBI —
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wakatobi Sulawesi tenggara, resmi melantik sebanyak 300 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Wakatobi pada Selasa (24/01/2023) kemarin. Acara ini berlangsung di Gedung Darma Wanita Wangi-wangi.

Pelantikan 300 anggota PPS tersebut berdasarkan Keputusan KPU Wakatobi No 05/PP.04.1-Kpt/7407/2023 Tentang Pengangkatan Anggota Panitia Pemungutan Suara se Kabupaten Wakatobi Untuk Pemilihan Umum Tahun 2024. Mereka tersebar pada 100 Desa/Kelurahan di delapan Kecamatan di Wakatobi.

Ketua KPU Wakatobi, Abdul Rajab mengungkapkan, anggota PPS merupakan ujung tombak dari suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024. Sehingga diharapkan agar anggota PPS yang baru dilantik dan diambil sumpahnya,  melaksanakan tugas-tugas kepemiluan dengan rasa tanggungjawabjawab di wilayah kerja masing-masing.

Baca Juga : Seleksi JPTP Eselon IIb Lingkup Pemkab Wakatobi Dibuka

“Suksesnya Pemilu di Kecamatan kalian masing-masing, itu tergantung bagaimana kerja-kerja sodara-sodara di Desa. Jadi kesuksesan Pemilu di tingkat Desa itu dapat mempengaruhi kesuksesan Pemilu ditingkat Kecamatan masing-masing. Kesuksesan Pemilu di Kecamatan masing-masing, itu dapat mempengaruhi sukses tidaknya pemilu di tingkat Kabupaten,” ujar Abdul Rajab memberikan arahannya.

“Makanya saya menyampaikan bahwa kalian inilah (PPS) yang menjadi ujung tombak sukses atau tidaknya penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang,” sambungnya.

Abdul Rajab juga berharap supaya anggota PPS Wakatobi menunjukkan sikap komitmen menjaga pakta integritas yang telah ditetapkan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). 

Baca Juga : Pemda Wakatobi Bersama BPJS Ketenagakerjaan Teken PKS, Apa Manfaatnya?

“Jadi pakta integritas itulah yang meningkat kita dalam proses melaksanakan tugas-tugas Pemilu kita. Baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan maupun di tingkat Desa,” terangnya.

Senada, Bupati Wakatobi, H. Haliana juga menyampaikan agar para anggota PPS selalu menjunjung integritas sebagai penyelenggara Pemilu.

“Pertama-tama marilah kita semua menjaga integritas, menjaga kemandirian, dan menjalankan profesionalisme dalam menjalankan tugas,” pintanya.

Baca Juga : Ratusan Peserta Bakti Milenial #5 Wakatobi Geruduk Pulau Kaledupa dan Tomia, Apa Kegiatannya?

Menurutnya, selain dibekali dengan undang-undang yang memadai anggota PPS juga diharapkan supaya menjaga stabilitas daerah demi terwujudnya pelaksanaan Pemilu 2024 yang baik.

“Para petugas-petugas PPS yang berhadapan langsung, yang berkontak langsung dengan seluruh pemilih dan wajib pilih di Kabupaten Wakatobi,” imbuhnya. (*)

Penulis : Gayus Irawadi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646