0%
logo header
Sabtu, 19 Maret 2022 20:23

Sasar Milenial dan Pekerja, Pemuda Ini Sukses Rintis Bisnis Jasa Cuci Sepatu di Makassar

Rizal
Editor : Rizal
Pemilik bisnis jasa cuci sepatu 'Sudsclean', Raul Ibnu Munsir. (Foto: Istimewa)
Pemilik bisnis jasa cuci sepatu 'Sudsclean', Raul Ibnu Munsir. (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Dinamisnya gaya hidup di kota metropolitan membuka berbagai peluang bisnis baru bagi anak muda. Salah satunya bisnis jasa pencucian dan perawatan sepatu.

Peluang ini tak disia-siakan oleh Raul Ibnu Munsir. Pemuda kelahiran Makassar, 2 Juli 1993 silam itu memilih membuka bisnis jasa cuci sepatu bernama Sudsclean.

“Jasa cuci sepatu ini saya buka setelah melihat tren generasi milenial dan kaum pekerja sekarang. Mereka terlalu sibuk dengan pekerjaan dan kesibukannya masing-masing hingga lupa menjaga kondisi sepatunya. Padahal, itu sangat penting demi menjaga kenyamanan dan ketahanan sepatu yang mereka gunakan sehari-hari,” kata Raul, Sabtu (19/3/2022).

Baca Juga : DPMP-PTSP Gowa Catat Jumlah Pengunjung MPP Capai 8.000 Orang

“Targetnya memang para milenial, pelajar, mahasiswa dan pekerja kantoran. Tapi secara umum tentu bagi siapa saja yang menginginkan sepatu bersih dengan harga yang murah. Perlu diketahui bahwa kebersihan sepatu juga dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang,” tambahnya.

Menurut Raul, usaha jasa cuci sepatu tersebut ia rintis sejak 2018 lalu. Empat tahun kemudian, kini Sudsclean telah memiliki tiga outlet cabang yang terletak di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.

Untuk Kota Makassar, terletak di Jalan Tamalate Raya Nomor 3 dan Jalan Mangerangi Nomor 002. Sementara di Kabupaten Gowa terletak di Jalan Benteng Somba Opu, Pallangga, tepatnya di depan Kantor Desa Jenetallasa.

Baca Juga : Yamaha Sediakan 2 Bengkel Jaga untuk Pemudik se Sulselbar, Ini Lokasinya

“Dalam waktu dekat ini kita akan buka outlet cabang yang keempat. Rencananya berlokasi di Jalan Abdullah Dg Sirua, Makassar. Mohon doanya semoga lancar,” harap Raul yang juga pengurus HIPMI Kota Makassar tersebut.

Pemuda berusia 29 tahun itupun membagi tips dan triknya hingga Sudsclean dipercaya oleh konsumennya hingga saat ini. Menurutnya, kualitas alat dan bahan yang selalu diperhatikan serta mengutamakan kehati-hatian dalam melakukan treatment terhadap sepatu konsumen mengundang kepuasan tersendiri para pelanggannya.

“Alat dan bahan yang digunakan tak boleh sembarangan. Campuran bahan pembersih juga harus pas dengan takarannya. Kemudian, kita cek dulu seberapa besar tingkat kekotoran sepatu untuk menentukan treatment yang akan dilakukan,” beber Raul.

Baca Juga : Ditinggal Anak, Kisah Haru Nenek Sakit Stroke Hidup Seorang Diri di Kota Parepare

Sudsclean sendiri memiliki sejumlah varian treatment untuk sepatu. Mulai dari fast clean, deep clean, medium clean, hard deep clean, unyellowing hingga recolour.

“Tarifnya bervariasi, tapi masih dalam kategori yang terjangkau. Selain itu, kita juga selalu menyediakan berbagai macam promo di semua outlet cabang. Terpenting, kepuasan pelanggan selalu nomor satu,” tegas alumnus UIN Alauddin Makassar yang saat ini juga mengenyam pendidikan di Universitas Sawerigading itu.

Untuk saat ini, kata Raul, ia fokus mempromosikan bisnis jasa cuci sepatunya melalu media sosial. Hal ini sesuai dengan target pasarnya yang mayoritas anak milenial dan para pekerja kantoran.

Baca Juga : Kini Lebih Elegan, Yamaha Mio Gear 125 Hadir dengan Grafis dan Warna Baru

“Jadi cukup praktis. Istilahnya, kita jemput bola. Sudsclean juga menggratiskan antar jemput untuk minimal dua pasang sepatu dengan jarak maksimal 3 kilometer dari outlet kita,” demikian Raul. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646