Senat Universitas Cokroaminoto Makassar 2021-2025 Resmi Dikukuhkan

  • Bagikan

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Rektor Universitas Cokroaminoto Makassar (UCM) Prof. Dr. H. Muh. Tahir Kasnawi, S.U. selaku Penasihat Senat UCM mengukuhkan Senat UCM di Kampus UCM, KM 11 Jl. Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, Jumat (25/6/2021).

Dr. H. Ibrahim Saman, S/E.,M.M. yang juga Wakil Rektor I diposisikan sebagai Ketua didampingi Sekretaris Dr. HM. Dahlan Abubakar, M.Hum (Ketua Departemen Ilmu Komunikasi Fak. Ekonomi, Sosial, dan Humaniora). Ketua Komisi A: Dr.Muhammad Yusuf, S.Pi, M.Si. (Dekan Fakultas Perikanan), Komisi B diketuai Dr. Lukman Daris, S.Pi., M.Si. (Ketua Lembaga Pengabdian pada Masyarakat–LPPM), dan Ketua Komisi C  Drs. Anwar Enre, M.M. (Ketua Sistem Penjaminan Mutu Internal, SPMI).

Anggota Senat UCM ini 32 orang, terdiri atas Pejabat Rektorat, Sekretaris Universitas, Dekan, Ketua Departemen, Ketua Prodi, Ketua Lembaga dan Penjaminan Mutu, Kepala Biro (2 orang), Yayasan 2 orang, dan perwakilan dosen 2 orang.

Rektor UCM  Prof. M. Tahir Kasnawi menekankan, kehadiran Senat sangat diperlukan dalam kelengkapan struktur organisasi dan pengembangan UCM ke depan.

“Senat ini akan berfungsi memberikan pertimbangan dan mengawasi berbagai kebijakan yang dilakukan rektorat,” kata Tahir Kasnawi.

Usai pengukuhan, Ketua Senat UCM Ibrahim Saman langsung memimpin rapat persana dengan agenda penjelasan tugas dan wewenang Senat UCM 2021-2025, pengesahan visi, misi dan strategi Senat UCM, pembahasan beberapa isu terkait kebijakan rektor dan persiapan rapat kerja Senat UCM.

Sekretaris Senat UCM M.Dahlan Abubakar menjelaskan, rapat perdana itu berhasil memutuskan dan menerima visi, misi, dan strategi Senat UCM sebagai langkah bersinergi dengan tiga pilar (Yayasan, Universitas, dan Senat).

Rapat juga memutuskan akan merevisi Statuta 2019 dan tiga komisi akan membagi habis naskah statuta tersebut sesuai pembidangannya. Senat juga akan menyampaikan surat tentang rencana perubahan dan revisi Statuta plus Konsep Kampus Merdeka kepada Yayasan. (M. Dahlan Abubakar)

  • Bagikan