0%
logo header
Minggu, 15 Januari 2023 09:25

Sepanjang 2022, Pemprov Sulsel Beri Sertifikasi Gratis bagi 1450 UMKM

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, bersama Isterinya yang juga ketua TP PKK Sulsel Naoemi Octarina meninjau Stand pada Ekspo UMKM di Taman Pusaka, Kabupaten Kepulauan Selayar, Rabu (23/11/2022). (Istimewa)
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, bersama Isterinya yang juga ketua TP PKK Sulsel Naoemi Octarina meninjau Stand pada Ekspo UMKM di Taman Pusaka, Kabupaten Kepulauan Selayar, Rabu (23/11/2022). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dibawah kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman terus mendorong pengembangan dalam meningkatkan kualitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Selama tahun 2022, 1.450 UMKM mendapatkan fasilitasi sertifikasi gratis oleh Pemprov Sulsel melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Sulsel.

Adapun rinciannya berupa fasilitasi sertifikat halal untuk 1.000 UMKM; fasilitasi sertifikat merek untuk 300 UMKM; dan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-PIRT) bagi 150 UMKM.

Baca Juga : Pj Gubernur dan Pj Ketua PKK Sulsel Salurkan Bantuan Pangan Presiden Jokowi untuk Warga Bone

Hadirnya fasilitasi sertifikasi ini, menjadi salah satu program prioritas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk UMKM.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, “fasilitasi sertifikasi ini menjadi fokus kami dalam pengembangan UMKM. Di tahun 2022 lalu, Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel telah melakukan fasilitasi sertifikasi gratis bagi 1.450 UMKM,” ujarnya, Sabtu (14/1/2023).

Ditambahkan, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Ashari F. Radjamilo menyampaikan, bahwa UMKM di Sulsel saat ini mengalami peningkatan signifikan. Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan, Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) makin meningkat hingga 1,5 juta unit usaha. Sejumlah unit usaha di antaranya bahkan mulai berorientasi mendukung kinerja ekspor menjadi penopang pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga : Dari Desa ke Desa, Pj Gubernur Sulsel Ajak Petani dan Peternak Manfaatkan Fasilitas KUR

“Dengan fasilitasi sertifikasi bagi UMKM ini, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk UMKM. Sehingga dapat berdampak pada perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Selain memberikan fasilitasi sertifikasi gratis bagi UMKM, Pemprov Sulsel juga memberikan fasilitasi bagi IKM. Melalui Dinas Perindustrian Sulsel selama tahun 2022, telah dilakukan fasilitasi sertifikasi bagi 635 IKM, diantaranya 585 IKM mendapatkan fasilitasi sertifikat halal, dan 50 IKM mendapatkan fasilitasi sertifikat HKI (paten merk). (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646