0%
logo header
Kamis, 15 Desember 2022 11:56

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Dokter, PERDOSKI Makassar Gelar Seminar MDCU

Asril Astian
Editor : Asril Astian
Pengurus Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (PERDOSKI) Cabang Makassar. (Istimewa)
Pengurus Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (PERDOSKI) Cabang Makassar. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (PERDOSKI) Cabang Makassar menggelar Makassar Dermatovenereology & Cosmetic Update (MDCU) “Management Pearls and Pitfalls”, dilaksanakan Tanggal 10 dan 11 Desember 2022 di Hotel Unhas Makassar.

Kegiatan ini digelar dalam rangka penambahan ilmu pengetahuan dari Mahasiswa, Dokter Umum, Residen juga Spesialis Kulit dan Kelamin dilakukan seminar yang menghadirkan Pemateri dari Alumni Departemen Dermatology Venereology Fakultas Kedokteran Unhas .

Acara ini juga diikuti oleh ratusan Anggota Perdoski Cabang Makassar.

Baca Juga : Perdoksi Cabang Makassar Gandeng Departemen Dermatologi dan Venereologi FK Unhas Gelar Baksos di Bantaeng

“Yang perlu diketahui kami memiliki anggota 120 orang yang tersebar di Sulawesi Selatan, Sulawesi barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo dan Ambon,” kata Ketua PERDOSKI Cabang makassar Dr. dr. Muji Iswanty, SH, MH, Sp.KK, M.Kes, C.Med.

Acara ini merupakan kerjasama PERDOSKI Cabang Makassar dan Departemen Dermatology dan Venereology Fakultas Kedokteran Unhas.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Sulselbar Dr.dr.Siswanto Wahab.,Sp.KK(K), FINSDV, FAADV yang juga Ketua Departemen Dermatology dan Venereology Fakultas KEdokteran Unhas.

Baca Juga : Peringati HUT ke-57, Perdoksi Makassar Gelar Sosialisasi Cegah HIV/AIDS dan Deteksi Dini Kanker Kulit

Dr.dr. Siswanto Wahab yang juga Dewan Penasihat PERDOSKI Cabang Makassar mengungkapkan banyaknya masalah yang harus dipecahkan oleh dokter Spesialis Kulit dan Kelamin.

“Banyak permasalahan di FKTP tentang penyakit kulit dan kelamin yang harus selesai di tempat pelayanan masing-masing,” arahan ini menjadi penekanan dari Dr. dr. Siswanto, Wahab, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV yang juga adalah Dewan Penasehat PERDOSKI Cabang Makassar.

Hadir sebagai pemateri dari Makassar yakni:

  1. Prof. Dr. dr. H. Anis Irawan Anwar, Sp.KK (K), FINSDV, FAADV,
  2. dr. Irma Helina, Sp.KK,
  3. Dr.Airin Nurdin Mappewali, Sp. KK(K). M.Kes,
  4. Dr. dr. Muji Iswanty, SH, MH, Sp.KK, M.Kes, C.med,
  5. Dr. dr. Dian Amelia Abdi, Sp.KK, M.Kes,
  6. Dr. dr. Musafirah, Sp.KK, M.kes,
  7. dr. Adharia, Sp.KK, M.Kes,
  8. dr. Irene Mariani Santoso, Sp.KK,
  9. dr. Harfiah, Sp.KK, M.Kes.

Sementara pemateri lainnya:

  • dr. Nurhaedah Azis, Sp.KK, FINSDV (Gorontalo)
  • dr. Nelly Herfina Dahlan, Sp.KK, M.Kes, (Kendari)
  • dr. Armansjah Dara, Sp.KK, M.Kes, (Jakarta)
  • dr. Ahmad Haykal, Sp.KK, M.Kes. (Jakarta)

Baca Juga : Peringati HUT ke-57, Perdoksi Makassar Gelar Sosialisasi Cegah HIV/AIDS dan Deteksi Dini Kanker Kulit

Pada acara ini juga diadakan Presentasi paper/case dari peserta yang terpilih yang dibahas bersama para pakar/panelis yakni:

  1. Prof. Dr. dr. Farida Tabri, Sp.KK(K) ,FINSDV, FAADV, Dr.dr.Faridha Ilyas, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV,
  2. Dr. Caroline Noordin, Sp.KK, MHKes, FINSDV, FAADV,
  3. dr. Selis Frisa, Sp.KK, MH.Kes, FINSDV, FAADV.

Kegiatan ini juga disambut antusias para peserta juga pemateri yang hadir.

“Acara ini disambut sangat antusias, ujar Ketua Panitia Pelaksana Dr.Andy Manggabarani,SpDV.

Baca Juga : Peringati HUT ke-57, Perdoksi Makassar Gelar Sosialisasi Cegah HIV/AIDS dan Deteksi Dini Kanker Kulit

Materi yang dibawakan adalah permasalahan dan bagaimana penatalaksaan dari penyakit kulit dan kelamin yang ada di FKTP, ada sebagian besar Penyakit yang tertangani di FKTP dimana diharapkan dokter yang bertugas bisa memberikan penanganan dengan tepat.

Permasalahan dan update terapi yang dibahas oleh pemateri mulai dari kasus kosmetik (alopesia, acne, melasma), penyakit infeksi seperti kusta, penyakit kulit yang disebabkan oleh transmisi hewan ke manusia hingga cara mencegahnya.

Pada acara ini juga dibahas tentang Monkeypox yang baru-baru ini sedang hangat diperbincangkan dalam skala global terkait penularannya yang cepat dan bisa menimbulkan kondisi klinis yang serius.

Baca Juga : Peringati HUT ke-57, Perdoksi Makassar Gelar Sosialisasi Cegah HIV/AIDS dan Deteksi Dini Kanker Kulit

Pada materi non infeksi, infeksi menular seksual, pediatri yang membahas dermatitis atopi yang dimana seringkali menjadi pertanyaan bagi para orang tua terkait keluhan kondisi kulit anaknya, hingga penyakit kulit pada kelompok usia tua.

Hadir juga perwakilan dari BPJS Makassar dr.Handhika Ramahdhan selaku Ketua bidang PMR BPJS Kesehatan Cabang Makassar yang memberikan penjelasan tentang kebijakan di FKTP terkait pemibiayaan oleh BPJS.

Antusias dari peserta juga luar biasa, hadir 400 dokter dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Dan merupakan hal yang luar biasa karena diskusi sangat interaktif antara pemateri dan seluruh peserta.

Baca Juga : Peringati HUT ke-57, Perdoksi Makassar Gelar Sosialisasi Cegah HIV/AIDS dan Deteksi Dini Kanker Kulit

“Kegiatan ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan dan dengan tema yang berbeda-beda. Tentu saja untuk mengembangkan ilmu dan skill dari dokter umum dan dokter spesialis saat bertugas, namun tetap melaksanakan tugas sesuai kompetensinya,” kata Dewan Penasehat PERDOSKI Cabang Makassar, Prof.Dr.dr.H.Anis Irawan Anwar,Sp.KK (K),FINSDV,FAADV. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646