0%
logo header
Selasa, 16 November 2021 18:58

Universitas Cokroaminoto Makassar dan Politeknik Bosowa Jalin Kerja Sama Dibidang Ini

Rektor UCM Prof.Dr.Muh.Tahir Kasnawi S.U. dan Direktur Politeknik Bosowa Alang Sunding, S.ST, M.T. menandatangani MoU, Selasa (16/11/2021).
Rektor UCM Prof.Dr.Muh.Tahir Kasnawi S.U. dan Direktur Politeknik Bosowa Alang Sunding, S.ST, M.T. menandatangani MoU, Selasa (16/11/2021).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Universitas Cokroaminoto Makassar (UCM) dan Politeknik Bosowa Makassar menjalin kerja sama dalam bentuk Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) – Nota Kesepahaman, Selasa (16/11/2021).

Kerja sama tersebut ditandangani Rektor UCM Prof.Dr.Muh.Tahir Kasnawi S.U. dan Direktur Politeknik Bosowa Alang Sunding, S.ST, M.T. di Kampus UCM Jl. Perintis Kemerdekaan Nomor 7 KM 11 Makassar, Selasa (16/11/2021).

Kerjasama selama tiga tahun yang dalam bentuk penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi tersebut mencakup, pendidikan, dan pelatihan bidang keahlian secara profesional yang memadukan kebutuhan industri, dunia usaha, dan dunia kerja demi peningkatan mutu lulusan pada perguruan tinggi Kerja sama ini  akan melibatkan Fakultas Teknik UCM dengan Politeknik Bosowa yang beralamat di Jl. Kapasa Raya No.23 Daya Makassar.

Baca Juga : Beredar Pamflet KLB PC PMII Baubau, Ketua Komsat PMII UMB: Itu Mengada-ngada

Ruang lingkup kerja sama mencakup program pengajaran, penelitian, dan pengadian; Lembaga Inivasi dan Pengembangan Komunitas (LIPK); praktik kerja industri atau program praktik kerja lapangan; program dosen tamu; program sinkronisasi kurikulum, dan informasi lowongan kerja sesuai dengan bidang keahlian.

Dalam kerja sama ini, UCM menyediakan pembimbing yang akan terlibat dalam pelaksanaan program; memberingan bimbingan dan pengarahan kepada mahasiswa maupun pendidik dalam melaksanakan program; mengevaluasi hasil pelaksanaan program; dan memberikan surat keterangan/sertifikat bagi mahasiswa, peserta maupun pendidik pada akhir masa program kegiatan.

Sementara Politeknik Bosowa memiliki tanggung jawab menyiapkan mahasiswa dan pendidik pada ruang lingkup kegiatan bersama; menyiapkan sarana administrasi pelaksanaan program; menyediakan biaya pendidikan apabila diperlukan; menyiapkan bahan-bahan laporan dan hasil evaluasi; menyiapkan tenaga pembimbing yang terkait dalam pelaksanaan program; memberikan jaminan keselamatan kerja kepada mahasiswa peserta program berupa asuransi kecelakaan; dan menjamin nama baik masing-masing dan menaati semua aturan yang berlaku pada kedua belah pihak.

Baca Juga : Tembus ke Pelatnas Bulutangkis, Reza dan Sofy Harumkan Nama Sulsel

Rektor UCM M.Tahir Kasnawi mengatakan, kerja sama ini sebagai bentuk perwujudkan merdeka belajar dan kampus merdeka serta diharapkan dapat memberikan manfaat dan mendorong peningkatan kinerja serta  performa kedua lembaga, UCM dan Politeknik Bosowa.

“Terima kasih kepada Politeknik Bosowa dengan adanya penandatangan MoU ini. Tantangan ke depan banyak masalah yang sulit dicapai jika tidak terjadi kolaborasi efektif antarpara pihak seperti ini,” kata Tahir Kasnawi dalam acara yang dihadiri Wakil Rektor I UCM Dr.H.Ibrahim Saman, S.E.,M.M. , Wakil Rektor II.Roswiyanti, S.E., M.M., Sekretas UCM Dr.Ida Suryadi S.P., M.P., Dekan Teknik UCM, Dekan Fakultas Teknik Hj Dwi Purnama Soiswaty, S.T., M.T.. Dekan Fakultas Perikanan Dr.Muhammad Yusuf, Ketua Program Studi Teknik Elektro UCM Andi Muhammad Hidayatullah, S.Pd., M.Pd.

Rektor UCM juga menjelaskan, sebelumnya UCM telah melakukan kerja sama dengan Politeknik Perikanan Bone dan juga Balai Besar Pertanian Pascapanen Bogor.

Baca Juga : Jokowi Dijadwalkan Hadiri Peringatan HPN di Sultra, LLKS PMII Sultra Bakal Suarakan Masalah Lingkungan

Direktur Politeknik Bosowa Alang Sunding, S.S.T., M.T. menjelaskan, politeknik yang dipimpinnya terdiri atas lima program studi keteknikan. Ia mengakui, institusi yang dipimpinnya masih lemah di bidang penelitian, meskipun sudah banyak menghasilkan produk. “Tiap tahun ada produk tugas akhir mahasiswa yang digunakan membantu masyarakat,” Alang Sunding menjelaskan.

Direktur Politeknik Bosowa mengharapkan, dengan MoU ini UCM dapat bekerja sama dengan Politeknik Bodowa membuat tugas akhir mahasiswa sebagai produk penelitian. “Melalui kerja sama ini kedua pihak dapat saling membantu menghasilkan produk yang dapat dimanfaatkan untuk masyarakat,” kunci Alang Sunding yang disertai tiga orang stafnya. (M.Dahlan Abubakar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 852-9999-3998
Baca Juga